KUMAEROH, Silvia Puspa and FAISAL, Faisal,(27 August 2024), PENGARUH STRATEGI BISNIS TERHADAP KINERJA TANGGUNG JAWAB SOSIAL PERUSAHAAN DI INDONESIA TAHUN 2019 - 2022. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (242kB)
Download (242kB)
Text (Abstrak (Inggirs))
- Published Version
Download (339kB)
Download (339kB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (307kB)
Download (307kB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (467kB)
Download (467kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (90kB)
Download (90kB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (994kB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (994kB) | Request a copy
Abstract
Fenomena Corporate Social Responsibility (CSR) semakin penting dalam bisnis modern sebagai alat untuk meningkatkan reputasi dan sebagai respons tanggapan masyarakat yang menginginkan kontribusi sosial dan lingkungan. Menggunakan tipologi strategi Miles dan Snow, riset ini bertujuan untuk
mengeksplorasi hubungan strategi bisnis prospector, analyzer, dan defender terhadap kinerja CSR. Riset ini melibatkan metode kuantitatif analisis regresi data panel. Variabel dependen dalam riset ini adalah skor ESG sebagai proksi kinerja CSR, dengan variabel independen, yaitu tipe strategi bisnis. Populasi penelitian terdiri dari perusahaan manufaktur yang tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2019 hingga 2022, dengan sampel sebanyak 80 perusahaan. Alat pengujian yang digunakan dalam riset ini adalah software STATA 17.0. Hasil riset menunjukkan bahwa prospector, analyzer berpengaruh positif terhadap kinerja CSR, sedangkan defender memiliki korelasi negatif signifikan
terhadap kinerja CSR. Selain itu, kinerja CSR dengan menggunakan prospector lebih baik daripada analyzer dan defender. Secara bersama-sama, hasil riset menunjukkan bahwa strategi bisnis merupakan penentu penting kinerja CSR, serta
menguatkan argumen bahwa prospector mengambil keuntungan dari CSR, karena dapat meningkatkan reputasi, serta lebih toleran terhadap ketidakpastian, dan risiko CSR.
Keywords : | Corporate Social Responsibility, business strategy, prospector, analyzer, defender., Corporate Social Responsibility, strategi bisnis, prospector, analyzer, defender. |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Akuntansi |
Depositing User: | Silvia Puspa Kumaeroh |
Date Deposited: | 04 Sep 2024 06:23 |
Last Modified: | 04 Sep 2024 06:25 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/15043 |