ROHMAH, Sekar Febiatur and NAYLAH, Maal,(18 September 2024), KEPUASAN WISATAWAN MANCANEGARA SEBAGAI PENENTU INTENSI BERKUNJUNG KEMBALI DI OBJEK WISATA KOTA LAMA SEMARANG: HOLIDAY SATISFACTION METHOD. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (2MB)
Download (2MB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (2MB)
Download (2MB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (2MB)
Download (2MB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (2MB)
Download (2MB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (2MB)
Download (2MB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (840kB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (840kB) | Request a copy
Abstract
Kepuasan wisatawan mancanegara (wisman) terhadap objek wisata merupakan faktor utama yang dapat menentukan permintaan pariwisata. Wisman memiliki keterbatasan informasi mengenai objek wisata dibandingkan wisatawan lokal, sehingga pengalaman atau kepuasan mereka saat mengunjungi objek wisata pertama kali akan menjadi tolok ukur apakah mereka akan berkunjung kembali di masa depan. Penelitian ini menganalisis pengaruh dari kepuasan wisman terhadap intensi berkunjung kembali di masa depan di objek wisata Kota Lama Semarang. Tingkat kepuasan wisman diperoleh dengan melakukan pengukuran terhadap indikator 5A (Attractions, Amenities, Accessibility, Activities, dan Accommodation) menggunakan metode Holiday Satisfaction (HOLSAT). Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 85 wisman yang pernah berkunjung ke Kota Lama Semarang. Selain tingkat kepuasan sebagai variabel utama, terdapat empat variabel kontrol, yaitu ekspektasi pendapatan, jarak ekonomi, umur, dan jenis kelamin. Dengan menggunakan regresi logit, ditemukan bahwa tingkat kepuasan pada indikator atraksi, aksesibilitas, dan akomodasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap intensi berkunjung kembali di masa depan, namun tingkat kepuasan pada indikator amenitas dan aktivitas tidak berpengaruh signfikan terhadap intensi berkunjung kembali di masa depan.
Keywords : | foreign tourists, tourists satisfaction, revisit intention, holiday satisfaction, Kota Lama Semarang, wisatawan mancanegara, kepuasan wisatawan, intensi berkunjung kembali, holiday satisfaction, Kota Lama Semarang |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Ekonomi Pembangunan |
Depositing User: | Sekar Febiatur Rohmah |
Date Deposited: | 24 Sep 2024 04:48 |
Last Modified: | 24 Sep 2024 04:48 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/15153 |