KEPUASAN WISATAWAN MANCANEGARA SEBAGAI PENENTU INTENSI BERKUNJUNG KEMBALI DI OBJEK WISATA KOTA LAMA SEMARANG: HOLIDAY SATISFACTION METHOD

ROHMAH, Sekar Febiatur and NAYLAH, Maal,(18 September 2024), KEPUASAN WISATAWAN MANCANEGARA SEBAGAI PENENTU INTENSI BERKUNJUNG KEMBALI DI OBJEK WISATA KOTA LAMA SEMARANG: HOLIDAY SATISFACTION METHOD. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (2MB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (2MB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (2MB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (2MB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (2MB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (840kB) | Request a copy

Abstract

Kepuasan wisatawan mancanegara (wisman) terhadap objek wisata merupakan faktor utama yang dapat menentukan permintaan pariwisata. Wisman memiliki keterbatasan informasi mengenai objek wisata dibandingkan wisatawan lokal, sehingga pengalaman atau kepuasan mereka saat mengunjungi objek wisata pertama kali akan menjadi tolok ukur apakah mereka akan berkunjung kembali di masa depan. Penelitian ini menganalisis pengaruh dari kepuasan wisman terhadap intensi berkunjung kembali di masa depan di objek wisata Kota Lama Semarang. Tingkat kepuasan wisman diperoleh dengan melakukan pengukuran terhadap indikator 5A (Attractions, Amenities, Accessibility, Activities, dan Accommodation) menggunakan metode Holiday Satisfaction (HOLSAT). Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 85 wisman yang pernah berkunjung ke Kota Lama Semarang. Selain tingkat kepuasan sebagai variabel utama, terdapat empat variabel kontrol, yaitu ekspektasi pendapatan, jarak ekonomi, umur, dan jenis kelamin. Dengan menggunakan regresi logit, ditemukan bahwa tingkat kepuasan pada indikator atraksi, aksesibilitas, dan akomodasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap intensi berkunjung kembali di masa depan, namun tingkat kepuasan pada indikator amenitas dan aktivitas tidak berpengaruh signfikan terhadap intensi berkunjung kembali di masa depan.
Keywords : foreign tourists, tourists satisfaction, revisit intention, holiday satisfaction, Kota Lama Semarang, wisatawan mancanegara, kepuasan wisatawan, intensi berkunjung kembali, holiday satisfaction, Kota Lama Semarang
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Pembangunan
Depositing User: Sekar Febiatur Rohmah
Date Deposited: 24 Sep 2024 04:48
Last Modified: 24 Sep 2024 04:48
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/15153

Actions (login required)

View Item
View Item