RETENSI NASABAH BANK PASCA MERGER: STUDI KASUS PADA NASABAH BANK SYARIAH INDONESIA DI KOTA SEMARANG

EKAPUTRI, Alya Maherka and SUKRESNA, I Made,(20 September 2024), RETENSI NASABAH BANK PASCA MERGER: STUDI KASUS PADA NASABAH BANK SYARIAH INDONESIA DI KOTA SEMARANG. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (553kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (526kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (526kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (558kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (545kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memahami retensi nasabah Bank Syariah Indonesia menggunakan layanan pra dan pasca merger selama 3 tahun. Peneliti menggambil 6 partisipan. Peneliti menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus yang dapat menggambarkan retensi nasabah pasca merger secara detail. Metode pengumpulan data dengan cara wawancara semi berstruktur dimana proses wawancara sesuai dengan pedoman wawancara. Dalam mengeksplorasi pertanyaan penelitian diambil beberapa tema utama antara lain: Hasil penelitian ini mengenai nasabah yang masih menggunakan BSI memiliki alasan karena BSI menjaga retensinya pasca merger adalah unsur syariah, kepedulian staff dengan nasabah, layanan mobile banking, variasi produk BSI, kantor BSI yang nyaman dan dekat dengan fasilitas umum, dan transaksi yang aman. Sedangkan informan yang sudah tidak lagi menggunakan BSI memiliki alasan sudah tidak lagi menjaga retensinya pasca menjadi BSI adalah kerahasiaan nasabah yang tidak terjaga, mobile banking sering error, dan pelayanan karyawan kurang responsif. Kualitas pelayanan yang dirasakan pasca merger dari BSI adalah pelayanan staff BSI yang cepat, Staff yang ramah, adanya kepedulian staf dengan nasabah, kantor yang nyaman, transaksi yang aman, kepuasan transaksi, transaksi layanan menggunakan mobile banking, dan lokasi ATM yang tersebar banyak.
Keywords : customer relationship, customer retention, purchasing behavior, and Bank Syariah Indonesia., customer relationship, customer retention, perilaku pembelian, dan Bank Syariah Indonesia.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Alya Maherka Ekaputri
Date Deposited: 02 Oct 2024 12:22
Last Modified: 02 Oct 2024 12:45
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/15264

Actions (login required)

View Item
View Item