STUDI TENTANG PERSEPSI KUALITAS DAN KESADARAN MEREK SERTA DAMPAKNYA PADA LOYALITAS MEREK (Studi pada konsumen produk AMDK Pelangi kemasan 600ml di Semarang)

SIMBOLON, Nathalia Roul and SUKRESNA, I Made,(9 April 2019), STUDI TENTANG PERSEPSI KUALITAS DAN KESADARAN MEREK SERTA DAMPAKNYA PADA LOYALITAS MEREK (Studi pada konsumen produk AMDK Pelangi kemasan 600ml di Semarang). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of 16. S - Fulltext PDF Bookmarks - 12010113130183.pdf] Text
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Air minum dalam kemasan menjadi alternatif bagi masyarakat untuk mendapatkan air bersih secara praktis. Peluang ini membuat industri air minum dalam kemasan berkembang tiap tahunnya. Tidak hanya merek baru yang bermunculan, berbagai merek lama pun melakukan strategi-strategi baru untuk mendapatkan perhatian konsumen. Meskipun banyak merek melakukan rebranding dan inovasi lain dalam produknya, pasar air minum dalam kemasan masih dikuasai oleh merek-merek besar seperti Aqua dan Club dengan gap yang cukup jauh dengan merek pesaingnya. Salah satu merek air minum dalam kemasan yang sedang bertumbuh adalah Pelangi, Penelitian ini membahas beberapa faktor seperti desain kemasan, sikap terhadap iklan, dan persepsi harga dan pengaruhnya terhadap persepsi kualitas dan kesadaran merek serta dampaknya terhadap loyalitas merek AMDK Pelangi. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen AMDK Pelangi di Semarang. Jumlah sampel yang digunakan adalah sebanyak 156 orang yang dipilih menggunakan purposive sampling melalui kuesioner. Data diperoleh dari kuesioner yang kemudian diolah dan dianalisis dengan menggunakan program SPSS dan AMOS. Penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan di antara desain kemasan dan persepsi kualitas, di antara sikap terhadap iklan dan persepsi kualitas, di antara sikap terhadap iklan dan kesadaran merek, di antara persepsi harga dan persepsi kualitas, dan di antara persepsi harga dan kesadaran merek. Selain itu, terdapat juga dampak yang positif dan signifikan di antara persepsi kualitas dan loyalitas merek, dan di antara kesadaran merek dan loyalitas merek. Hasilnya, perusahaan dapat meningkatkan loyalitas merek melalui peningkatan sikap terhadap iklan yang baik dalam benak konsumen yang akan berpengaruh terhadap kesadaran merek dan peningkatan loyalitas merek.
Keywords : Packaging Design, Attitude towards Advertising, Perceived Price, Perceived Quality, Brand Awareness, Brand Loyalty., Desain Kemasan, Sikap terhadap Iklan, Persepsi Harga, Persepsi Kualitas, Kesadaran Merek, Loyalitas Merek.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Gunawan Gunawan
Date Deposited: 23 Jan 2020 07:34
Last Modified: 23 Jan 2020 07:34
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/1541

Actions (login required)

View Item
View Item