SIMBOLON, Nathalia Roul and SUKRESNA, I Made,(9 April 2019), STUDI TENTANG PERSEPSI KUALITAS DAN KESADARAN MEREK SERTA DAMPAKNYA PADA LOYALITAS MEREK (Studi pada konsumen produk AMDK Pelangi kemasan 600ml di Semarang). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text
Download (2MB)
Download (2MB)
Text
Download (2MB)
Download (2MB)
Text
Download (2MB)
Download (2MB)
Text
Download (2MB)
Download (2MB)
Text
Download (2MB)
Download (2MB)
Text
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Abstract
Air minum dalam kemasan menjadi alternatif bagi masyarakat untuk
mendapatkan air bersih secara praktis. Peluang ini membuat industri air minum
dalam kemasan berkembang tiap tahunnya. Tidak hanya merek baru yang
bermunculan, berbagai merek lama pun melakukan strategi-strategi baru untuk
mendapatkan perhatian konsumen. Meskipun banyak merek melakukan
rebranding dan inovasi lain dalam produknya, pasar air minum dalam kemasan
masih dikuasai oleh merek-merek besar seperti Aqua dan Club dengan gap yang
cukup jauh dengan merek pesaingnya. Salah satu merek air minum dalam
kemasan yang sedang bertumbuh adalah Pelangi, Penelitian ini membahas
beberapa faktor seperti desain kemasan, sikap terhadap iklan, dan persepsi harga
dan pengaruhnya terhadap persepsi kualitas dan kesadaran merek serta
dampaknya terhadap loyalitas merek AMDK Pelangi.
Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen AMDK Pelangi di
Semarang. Jumlah sampel yang digunakan adalah sebanyak 156 orang yang
dipilih menggunakan purposive sampling melalui kuesioner. Data diperoleh dari
kuesioner yang kemudian diolah dan dianalisis dengan menggunakan program
SPSS dan AMOS.
Penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan di
antara desain kemasan dan persepsi kualitas, di antara sikap terhadap iklan dan
persepsi kualitas, di antara sikap terhadap iklan dan kesadaran merek, di antara
persepsi harga dan persepsi kualitas, dan di antara persepsi harga dan kesadaran
merek. Selain itu, terdapat juga dampak yang positif dan signifikan di antara
persepsi kualitas dan loyalitas merek, dan di antara kesadaran merek dan loyalitas
merek. Hasilnya, perusahaan dapat meningkatkan loyalitas merek melalui
peningkatan sikap terhadap iklan yang baik dalam benak konsumen yang akan
berpengaruh terhadap kesadaran merek dan peningkatan loyalitas merek.
Keywords : | Packaging Design, Attitude towards Advertising, Perceived Price, Perceived Quality, Brand Awareness, Brand Loyalty., Desain Kemasan, Sikap terhadap Iklan, Persepsi Harga, Persepsi Kualitas, Kesadaran Merek, Loyalitas Merek. |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Gunawan Gunawan |
Date Deposited: | 23 Jan 2020 07:34 |
Last Modified: | 23 Jan 2020 07:34 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/1541 |