HERAWATI, Nike Liana and ANDRIYANI, Andriyani,(22 November 2024), EFEKTIVITAS DAN KINERJA GURU SERTIFIKASI (STUDI FENOMENOLOGI PADA GURU SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN PATI). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (28kB)
Download (28kB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (284kB)
Download (284kB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (176kB)
Download (176kB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (341kB)
Download (341kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (881kB)
Download (881kB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (3MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (3MB) | Request a copy
Abstract
Studi ini mengeksplorasi efektivitas dan kinerja guru sertifikasi pada sekolah dasar di Kecamatan Pati dengan menggunakan pendekatan kualitatif fenomenologis. Fokus utamanya adalah untuk memahami bagaimana sertifikasi berdampak pada kemampuan guru dalam meningkatkan prestasi siswa dan untuk menguji persepsi guru bersertifikat terhadap kinerja mereka berdasarkan standar kompetensi yang telah ditetapkan. Sertifikasi bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam proses pembelajaran dan kualitas profesional mereka, yang juga selaras dengan prinsip-prinsip manajemen sumber daya manusia dalam pengembangan keterampilan dan evaluasi kinerja. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan tujuh guru bersertifikasi, yang memiliki pengalaman mengajar minimal lima tahun. Temuan menunjukkan bahwa sertifikasi secara positif mempengaruhi kinerja guru, terutama dalam perencanaan pembelajaran dan penggunaan metode pengajaran yang bervariasi, yang mencerminkan prinsip-prinsip manajemen di mana pelatihan terstruktur dan pengakuan berkontribusi pada peningkatan produktivitas. Namun, bidang-bidang seperti penggunaan teknologi dan pemberian umpan balik masih perlu ditingkatkan. Implikasi kebijakan manajerial dari temuan penelitian ini adalah pentingnya memperkuat program sertifikasi dengan pelatihan berkelanjutan, memberikan dukungan administratif yang memadai, serta meningkatkan kolaborasi antar guru untuk menciptakan iklim sekolah yang positif. Melalui kebijakan ini, diharapkan kualitas pendidikan dapat terus ditingkatkan, terutama dalam mendukung pengembangan kompetensi guru dan prestasi siswa.
Keywords : | effectiveness, teacher performance, teacher certification, elementary education, phenomenology., efektivitas, kinerja guru, sertifikasi guru, pendidikan dasar, fenomenologi. |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Masters) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Nike Liana Herawati |
Date Deposited: | 12 Dec 2024 06:39 |
Last Modified: | 12 Dec 2024 06:39 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/15454 |