IFFADA, Berliana and MAWARDI, Wisnu,(27 February 2025), PERAN ORIENTASI PASAR DAN ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN SEBAGAI STRATEGI KEUNGGULAN BERSAING DALAM MENINGKATKAN KINERJA BISNIS PADA UMKM ANNOBEE BATIK. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
![[thumbnail of Cover]](https://repofeb.undip.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Download (102kB)
![[thumbnail of Abstrak (Inggris)]](https://repofeb.undip.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Download (29kB)
![[thumbnail of Abstrak (Indonesia)]](https://repofeb.undip.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Download (28kB)
![[thumbnail of Daftar Isi]](https://repofeb.undip.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Download (64kB)
![[thumbnail of Daftar Pustaka]](https://repofeb.undip.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Download (195kB)
![[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks]](https://repofeb.undip.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Restricted to Repository staff only
Download (4MB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran orientasi pasar dan orientasi kewirausahaan sebagai strategi keunggulan bersaing dalam meningkatkan kinerja bisnis pada UMKM Annobee Batik.
Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Metode pengolahan data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Kemudian dilanjutkan dengan uji validitas data melalui uji kredibilitas dan uji transferabilitas.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa orientasi pasar berkontribusi dalam memahami kebutuhan pelanggan, meningkatkan daya saing, dan mempertahankan loyalitas pelanggan. Sementara itu, orientasi kewirausahaan mendorong inovasi, proaktivitas, dan keberanian mengambil risiko. Kombinasi keduanya terbukti efektif dalam memperkuat keunggulan bersaing dan kinerja bisnis. Temuan ini diharapkan dapat berkontribusi pada pengembangan teori manajemen strategis serta menjadi acuan bagi UMKM dalam merancang strategi bisnis berkelanjutan.
Keywords : | Market Orientation, Entrepreneurial Orientation, Competitive Advantage, Business Performance, Batik MSMEs., Orientasi Pasar, Orientasi Kewirausahaan, Keunggulan Bersaing, Kinerja Bisnis, UMKM Batik. |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Masters) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Berliana Iffada |
Date Deposited: | 12 Mar 2025 06:50 |
Last Modified: | 12 Mar 2025 06:51 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/15870 |