PERAN ORIENTASI PASAR DAN ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN SEBAGAI STRATEGI KEUNGGULAN BERSAING DALAM MENINGKATKAN KINERJA BISNIS PADA UMKM ANNOBEE BATIK

IFFADA, Berliana and MAWARDI, Wisnu,(27 February 2025), PERAN ORIENTASI PASAR DAN ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN SEBAGAI STRATEGI KEUNGGULAN BERSAING DALAM MENINGKATKAN KINERJA BISNIS PADA UMKM ANNOBEE BATIK. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (102kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (29kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (28kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (64kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (195kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran orientasi pasar dan orientasi kewirausahaan sebagai strategi keunggulan bersaing dalam meningkatkan kinerja bisnis pada UMKM Annobee Batik. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Metode pengolahan data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Kemudian dilanjutkan dengan uji validitas data melalui uji kredibilitas dan uji transferabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa orientasi pasar berkontribusi dalam memahami kebutuhan pelanggan, meningkatkan daya saing, dan mempertahankan loyalitas pelanggan. Sementara itu, orientasi kewirausahaan mendorong inovasi, proaktivitas, dan keberanian mengambil risiko. Kombinasi keduanya terbukti efektif dalam memperkuat keunggulan bersaing dan kinerja bisnis. Temuan ini diharapkan dapat berkontribusi pada pengembangan teori manajemen strategis serta menjadi acuan bagi UMKM dalam merancang strategi bisnis berkelanjutan.
Keywords : Market Orientation, Entrepreneurial Orientation, Competitive Advantage, Business Performance, Batik MSMEs., Orientasi Pasar, Orientasi Kewirausahaan, Keunggulan Bersaing, Kinerja Bisnis, UMKM Batik.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Berliana Iffada
Date Deposited: 12 Mar 2025 06:50
Last Modified: 12 Mar 2025 06:51
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/15870

Actions (login required)

View Item
View Item