PENGARUH ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN, KUALITAS PRODUK, ERP, ORIENTASI PASAR TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING UNTUK MENINGKATKAN KINERJA PEMASARAN (STUDI PADA UMKM BATIK KOTA SEMARANG)

ZAKKA, Yoan Georgina Clarissa and MUDIANTONO, Mudiantono,(2 July 2019), PENGARUH ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN, KUALITAS PRODUK, ERP, ORIENTASI PASAR TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING UNTUK MENINGKATKAN KINERJA PEMASARAN (STUDI PADA UMKM BATIK KOTA SEMARANG). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of 16. S - Fulltext PDF Bookmarks -12010115120049.pdf] Text
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pengamatan terhadap data pertumbuhan UMKM batik Kota Semarang pada tahun 2010 hingga 2018 mengalami peningkatan setiap tahun. Dengan semakin bertambahnya pelaku usaha batik, menuntut kreativitas setiap usaha untuk dapat mempertahankan bisnis yang dijalankan agar dapat memenangkan persaingan kompetitif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh orientasi kewirausahaan, kualitas produk, ERP, dan orientasi pasar terhadap keunggulan bersaing untuk meningkatkan kinerja pemasaran. Populasi yang digunakan pada penelitian ini adalah pemilik UMKM batik di Kota Semarang. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 108 responden. Adapun metode pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner. Penelitian ini menggunakan teknik analisis Structural Equation Modelling (SEM) dengan menggunakan alat analisis AMOS 24.0 Hasil pengujian menggunakan teknik analisis Structural Equation Modelling (SEM) menunjukkan bahwa model tersebut sesuai dengan data populasi. Sedangkan dari pengujian hipotesis menunjukkan bahwa keenam hipotesis dapat diterima dan dibuktikan dalam penelitian ini, yaitu kinerja pemasaran dipengaruhi oleh orientasi kewirausahaan, orientasi pasar dan keunggulan bersaing, serta keunggulan bersaing dipengaruhi oleh orientasi kewirausahaan, kualitas produk, ERP dan orientasi pasar.
Keywords : Entrepreneurship Orientation, Product Quality, Enterprise Resource Planning, Market Orientation, Competitive Advantage, Marketing Performance., Orientasi Kewirausahaan, Kualitas Produk, Enterprise Resource Planning, Orientasi Pasar, Keunggulan Bersaing, Kinerja Pemasaran.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Eriana Ringgowati
Date Deposited: 24 Jan 2020 07:28
Last Modified: 24 Jan 2020 07:28
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/1756

Actions (login required)

View Item
View Item