SHABRINA, Nabilla Aulia and NUGROHO, SBM,(25 June 2018), ANALISIS PERMINTAAN BRT TRANS SEMARANG. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text
- Published Version
Download (4MB)
Download (4MB)
Text
- Published Version
Download (4MB)
Download (4MB)
Text
- Published Version
Download (4MB)
Download (4MB)
Text
- Published Version
Download (4MB)
Download (4MB)
Text
- Published Version
Download (4MB)
Download (4MB)
Text
- Published Version
Download (4MB)
Download (4MB)
Text
- Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (4MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (4MB) | Request a copy
Abstract
Kota Semarang sebagai ibu kota Jawa Tengah yang tumbuh secara cepat
juga menghadapi berbagai permasalahan kota, salah satunya adalah masalah
transportasi. Dalam rangka menciptakan sistem transportasi yang lebih baik,
Pemerintah Kota Semarang mengadakan Bus Rapid Transit Trans Semarang yang
mulai beroperasi pada tahun 2010.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor apa sajakah yang
mempengaruhi permintaan masyarakat terhadap BRT Trans Semarang. Dengan
demikian hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan pertimbangan dalam
menentukan kebijakan yang tepat dalam menciptakan sistem transportasi yang
lebih baik.
Penelitian ini menggunakan dua teknik estimasi yaitu regresi linier
berganda Ordinary Least Square dan regresi logistik Binary Logistic Regression.
Variabel bebas diantaranya pendapatan, kepemilikan kendaraan pribadi dan
kualitas layanan akan dianalisis pengaruhnya terhadap permintaan akan BRT
Trans Semarang. Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dari 100
responden berdasarkan Purposive Sampling.
Berdasarkan observasi yang dilakukan, mayoritas pengguna BRT Trans
Semarang merupakan masyarakat dengan tingkat pendapatan rendah. Hasil
estimasi menunjukan kenaikan harga yang terjadi akan mengurangi jumlah yang
diminta akan BRT Trans Semarang. Variabel pendapatan dan kepemilikan
kendaraan pribadi roda dua berpengaruh negatif terhadap jumlah yang diminta
akan BRT Trans Semarang. Variabel kualitas layanan berpengaruh positif
terhadap jumlah yang diminta akan BRT Trans Semarang. Kepemilikan
kendaraan pribadi roda empat tidak memiliki pengaruh terhadap jumlah yang
diminta akan BRT Trans Semarang. Dengan demikian pemerintah daiharapkan
menjaga tingkat harga agar BRT Trans Semarang tetap dapat dijangkau oleh
seluruh lapisan masyarakat. Selain itu, pemerintah juga diharapkan untuk menjaga
kualitas layanan yang diberikan.
Keywords : | Demand for BRT, Price Increase Scenario, Trans Semarang Bus Rapid Transit BRT, Permintaan Alat Transportasi Publik, Bus Rapid Transit (BRT) Trans Semarang, Skenario Kenaikan Harga. |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Ekonomi Pembangunan |
Depositing User: | Endhar Priyo Utomo |
Date Deposited: | 05 Feb 2020 07:16 |
Last Modified: | 05 Feb 2020 07:16 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/2214 |