ANALISIS PERMINTAAN BRT TRANS SEMARANG

SHABRINA, Nabilla Aulia and NUGROHO, SBM,(25 June 2018), ANALISIS PERMINTAAN BRT TRANS SEMARANG. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of 1. S - Cover - 12020114120032.pdf] Text - Published Version
Download (4MB)
[thumbnail of 4. S - Abstrak (Inggris) - 12020114120032.pdf] Text - Published Version
Download (4MB)
[thumbnail of 5. S - Abstrak (Indonesia) - 12020114120032.pdf] Text - Published Version
Download (4MB)
[thumbnail of 6. S - Daftar Isi - 12020114120032.pdf] Text - Published Version
Download (4MB)
[thumbnail of 6. S - Daftar Isi - 12020114120032.pdf] Text - Published Version
Download (4MB)
[thumbnail of 12. S - Daftar Pustaka - 12020114120032.pdf] Text - Published Version
Download (4MB)
[thumbnail of 16. S - Fulltext PDF Bookmarks - 12020114120032.pdf] Text - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Kota Semarang sebagai ibu kota Jawa Tengah yang tumbuh secara cepat juga menghadapi berbagai permasalahan kota, salah satunya adalah masalah transportasi. Dalam rangka menciptakan sistem transportasi yang lebih baik, Pemerintah Kota Semarang mengadakan Bus Rapid Transit Trans Semarang yang mulai beroperasi pada tahun 2010. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor apa sajakah yang mempengaruhi permintaan masyarakat terhadap BRT Trans Semarang. Dengan demikian hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan pertimbangan dalam menentukan kebijakan yang tepat dalam menciptakan sistem transportasi yang lebih baik. Penelitian ini menggunakan dua teknik estimasi yaitu regresi linier berganda Ordinary Least Square dan regresi logistik Binary Logistic Regression. Variabel bebas diantaranya pendapatan, kepemilikan kendaraan pribadi dan kualitas layanan akan dianalisis pengaruhnya terhadap permintaan akan BRT Trans Semarang. Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dari 100 responden berdasarkan Purposive Sampling. Berdasarkan observasi yang dilakukan, mayoritas pengguna BRT Trans Semarang merupakan masyarakat dengan tingkat pendapatan rendah. Hasil estimasi menunjukan kenaikan harga yang terjadi akan mengurangi jumlah yang diminta akan BRT Trans Semarang. Variabel pendapatan dan kepemilikan kendaraan pribadi roda dua berpengaruh negatif terhadap jumlah yang diminta akan BRT Trans Semarang. Variabel kualitas layanan berpengaruh positif terhadap jumlah yang diminta akan BRT Trans Semarang. Kepemilikan kendaraan pribadi roda empat tidak memiliki pengaruh terhadap jumlah yang diminta akan BRT Trans Semarang. Dengan demikian pemerintah daiharapkan menjaga tingkat harga agar BRT Trans Semarang tetap dapat dijangkau oleh seluruh lapisan masyarakat. Selain itu, pemerintah juga diharapkan untuk menjaga kualitas layanan yang diberikan.
Keywords : Demand for BRT, Price Increase Scenario, Trans Semarang Bus Rapid Transit BRT, Permintaan Alat Transportasi Publik, Bus Rapid Transit (BRT) Trans Semarang, Skenario Kenaikan Harga.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Pembangunan
Depositing User: Endhar Priyo Utomo
Date Deposited: 05 Feb 2020 07:16
Last Modified: 05 Feb 2020 07:16
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/2214

Actions (login required)

View Item
View Item