VALUASI EKONOMI PENGEMBANGAN DAYA TARIK WISATA GOA JATIJAJAR DI KABUPATEN KEBUMEN

SYAH, Angga Ferdinan and SUSILOWATI, Hj. Indah,(19 June 2017), VALUASI EKONOMI PENGEMBANGAN DAYA TARIK WISATA GOA JATIJAJAR DI KABUPATEN KEBUMEN. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of 16. S-Fulltext PDF Bookmarks-12020113140067.PDF] Text
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Kabupaten Kebumen merupakan sub daerah tujuan wisata di Jawa Tengah bagian selatan, yang berada pada jalur strategis internasional antara Jakarta dan Yogyakarta, dimana Jakarta merupakan ibukota negara Indonesia dan Yogyakarta merupakan daerah tujuan wisata nasional terbesar kedua setelah Bali. Salah satu tujuan wisata di Kota Kebumen adalah Objek Wisata Goa jatijajar yang terletak di Desa Jatijajar, Kecamatan Ayah, sekitar 42km dari Kota Kebumen. Luas Objek Wisata Goa Jatijajar yaitu 5,5 Ha. Objek Wisata Goa Jatijajar berada pada ketinggaian 50m diatas permukaan air laut. Goa yang terbentuk dari batu kapur ini ditemukan oleh seorang petani yang memiliki tanah diatas goa tersebut yang bernama Jayamenawi pada tahun 1802. Untuk menjaga eksistensi Objek Wisata Goa Jatijajar, pemerintah akan melakukan pengembangan yang membutuhkan partisipasi wisatawan untuk membayar terhadap pengembangan dengan tujuan untuk mengurangi penggunaan anggaran dari pemerintah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: (1) Mengidentifikasi kondisi Daya Tarik Wisata Goa Jatijajar di Kabupaten Kebumen, (2) Mengidentifikasi konsep perencanaan pengembangan Daya Tarik Wisata Goa Jatijajar di Kabupaten Kebumen, (3) Mengidentifikasi persepsi wisatawan terhadap Daya Tarik Wisata Goa Jatijajar di Kabupaten Kebumen, (4) Mengestimasi tingkat kesediaan membayar (Willingness to Pay) wisatawan dalam upaya pengembangan Daya Tarik Wisata Goa Jatijajar di Kabupaten Kebumen. Data primer diperoleh dari 105 responden dengan menggunakan Multi-stages Sampling dan 5 key persons dengan menggunakan Purposive Sampling. Data sekunder diperoleh dari BPS, BAP3EDA Kabupaten Kebumen dan Dinas Kepemudaan dan Olahraga dan Pariwisata Pemerintah Kabupaten Kebumen. Indepth interview digunakan untuk menjawab tujuan 1 dan 2, analisis kuantitatif digunakan untuk menjawab tujuan 3 dan Contingent Valuation Methods digunakan untuk menjawab tujuan 4. Karakteristik responden menunjukkan bahwa sebagian pengunjung berjenis kelamin laki-laki, berusia 21-30 tahun. Persepsi pengunjung terhadap upaya pengembangan Daya Tarik Wisata Goa Jatijajar yaitu sebagian pengunjung bersedia untuk membayar dalam upaya pengembangan. Hasil Contingent Valuation Method menunjukkan bahwa kesediaan untuk membayar / WTP wisatawan Objek Wisata Goa Jatijajar memiliki rata-rata sebesar Rp. 17.000,00 dan dengan nilai total WTP sebesar Rp. 5.231.410.000,00. Nilai rata-rata dan total WTP tersebut dapat dijadikan sebagai acuan dalam penetapan retribusi (biaya tiket masuk) yang selanjutnya dapat digunakan untuk membantu biaya operasional pengembangan Daya Tarik Wisata Goa Jatijajar di Kabupaten Kebumen.
Keywords : WTP, The Development, Jatijajar Cave, Kebumen Distict, Indonesia, WTP, Pengembangan, Goa Jatijajar, Kebumen, Indonesia
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Pembangunan
Depositing User: Users 15 not found.
Date Deposited: 12 Feb 2020 02:33
Last Modified: 12 Feb 2020 02:33
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/2641

Actions (login required)

View Item
View Item