ADI, Bramasto and INDRIANI, Farida,(20 July 2017), ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT BELI PRODUK PRIVATE LABEL. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text
Download (3MB)
Download (3MB)
Text
Download (3MB)
Download (3MB)
Text
Download (3MB)
Download (3MB)
Text
Download (3MB)
Download (3MB)
Text
Download (3MB)
Download (3MB)
Text
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Produk private label diproduksi sebagai produk subtitusi dengan harga
terjangkau yang ditawarkan dengan spesifikasi serupa produk non private label.
Peluang atas keberadaan produk private label ini diambil peritel untuk
meningkatkan profitnya. Namun, terdapat suatu permasalahan yang dihadapi oleh
peritel di Indonesia. Ketika rata-rata market share produk private label di Eropa
dan Amerika Serikat sebesar 20%-35% pada beberapa tahun terakhir, Indonesia
masih pada angka persen. Oleh karena itu, peritel harus merancang suatu strategi
pada produk private label –nya agar nemiliki tempat di pasar dan memenangkan
kompetisi dengan meningkatkan minat beli konsumen.
Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu faktor-faktor yang
mempengaruhi minat beli produk private label. Faktor-faktor seperti persepsi
harga, persepsi kualitas, persepsi risiko, intrinsic cues, extrinsic cues, dan
familiaritas diuji untuk mengetahui faktor apa yang memiliki peran penting
terhadap minat beli produk private label. Pengujian juga dilakukan untuk mencari
tahu perbedaan faktor-faktor analisis tersebut pada dua kelompok gender yaitu pria
dan wanita.
Data dikumpulkan dengan menyebarkan kuesioner kepada 120 young adults
di Semarang yang mengetahui informasi tentang produk private label dengan
menggunakan metode non probability sampling. Data yang terkumpul dianalisis
dengan beberapa metode yaitu validitas, reliabilitas, normalitas, multikolinieritas,
heterokedastisitas, regresi linier berganda, ANOVA, R Square, dan T test melalui
perangkat lunak IBM SPSS 21 for windows.
Hasil penelitian mengindikasikan beberapa faktor seperti persepsi harga,
persepsi kualitas, dan familiaritas memiliki pengaruh secara signifikan terhadap
minat beli produk private label. Selain itu, hasil penelitian mengemukakan bahwa
pria cenderung mengambil risiko dibanding wanita.
Keywords : | consumer behaviour, private label, purchase intention, price perception, quality perception, risk perception, intrinsic cues, extrinsic cues, familiarity, gender differences., perilaku konsumen, private label, minat beli, persepsi harga, persepsi kualitas, persepsi risiko, intrinsic cues, extrinsic cues, familiaritas, perbedaan gender. |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Users 15 not found. |
Date Deposited: | 12 Feb 2020 03:39 |
Last Modified: | 12 Feb 2020 03:39 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/2662 |