ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT BELI PRODUK PRIVATE LABEL

ADI, Bramasto and INDRIANI, Farida,(20 July 2017), ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT BELI PRODUK PRIVATE LABEL. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of 16. S-Fulltext PDF Bookmarks-12010113130257.pdf] Text
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Produk private label diproduksi sebagai produk subtitusi dengan harga terjangkau yang ditawarkan dengan spesifikasi serupa produk non private label. Peluang atas keberadaan produk private label ini diambil peritel untuk meningkatkan profitnya. Namun, terdapat suatu permasalahan yang dihadapi oleh peritel di Indonesia. Ketika rata-rata market share produk private label di Eropa dan Amerika Serikat sebesar 20%-35% pada beberapa tahun terakhir, Indonesia masih pada angka persen. Oleh karena itu, peritel harus merancang suatu strategi pada produk private label –nya agar nemiliki tempat di pasar dan memenangkan kompetisi dengan meningkatkan minat beli konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu faktor-faktor yang mempengaruhi minat beli produk private label. Faktor-faktor seperti persepsi harga, persepsi kualitas, persepsi risiko, intrinsic cues, extrinsic cues, dan familiaritas diuji untuk mengetahui faktor apa yang memiliki peran penting terhadap minat beli produk private label. Pengujian juga dilakukan untuk mencari tahu perbedaan faktor-faktor analisis tersebut pada dua kelompok gender yaitu pria dan wanita. Data dikumpulkan dengan menyebarkan kuesioner kepada 120 young adults di Semarang yang mengetahui informasi tentang produk private label dengan menggunakan metode non probability sampling. Data yang terkumpul dianalisis dengan beberapa metode yaitu validitas, reliabilitas, normalitas, multikolinieritas, heterokedastisitas, regresi linier berganda, ANOVA, R Square, dan T test melalui perangkat lunak IBM SPSS 21 for windows. Hasil penelitian mengindikasikan beberapa faktor seperti persepsi harga, persepsi kualitas, dan familiaritas memiliki pengaruh secara signifikan terhadap minat beli produk private label. Selain itu, hasil penelitian mengemukakan bahwa pria cenderung mengambil risiko dibanding wanita.
Keywords : consumer behaviour, private label, purchase intention, price perception, quality perception, risk perception, intrinsic cues, extrinsic cues, familiarity, gender differences., perilaku konsumen, private label, minat beli, persepsi harga, persepsi kualitas, persepsi risiko, intrinsic cues, extrinsic cues, familiaritas, perbedaan gender.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Users 15 not found.
Date Deposited: 12 Feb 2020 03:39
Last Modified: 12 Feb 2020 03:39
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/2662

Actions (login required)

View Item
View Item