HERYANTO, Robby and JULIARTO, Agung,(2 August 2017), PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP PROFITABILITAS PERUSAHAAN (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2015). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text
Download (859kB)
Download (859kB)
Text
Download (201kB)
Download (201kB)
Text
Download (202kB)
Download (202kB)
Text
Download (282kB)
Download (282kB)
Text
Download (345kB)
Download (345kB)
Text
Restricted to Repository staff only
Download (869kB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (869kB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) pengaruh pengungkapan corporate sosial responsibility (CSR) terhadap return on asset (ROA), (2) pengaruh pengungkapan corporate sosial responsibility (CSR) terhadap return on equity (ROE), (3) pengaruh pengungkapan corporate sosial responsibility (CSR) terhadap earning per share (EPS) dan (4) pengaruh pengungkapan corporate sosial responsibility (CSR) terhadap net profit margin (NPM) pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI periode 2014-2015. Pengungkapan CSR diukur dengan Indeks CSR berdasarkan Indeks Global Reporting Initiave (GRI) generasi ke 4 (G4). Profitabilitas diukur dengan rasio return on aseets (ROA), return on equity (ROE), earning per share (EPS), dan net profit margin (NPM).
Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI pada periode 2014-2015. Sampel penelitian yang digunakan adalah perusahaan manufaktur yang mengungkapan pertanggungjawaban sosial pada tahun 2014 dan 2015 dengan menggunakan metode purposive sampling. Terdapat 68 perusahaan pada tahun 2014 dan 71 perusahaan pada tahun 2015 yang memenuhi kriteria sebagai sampel penelitian. Alat analisis yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah Partial Least Square (PLS).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa corporate social responsibility (CSR) berpengaruh positif dan signifikan terhadap profitabilitas dengan menggunakan proksi net profit margin (NPM), sedangkan dengan menggunakan proksi return on asset (ROA), return on equity (ROE), earning per share (EPS) tidak berpengaruh secara signifikan.
Keywords : | corporate social responsibility (CSR), profitability, return on asset (ROA), return on equity (ROE), earning per share (EPS), net profit margin (NPM), corporate social responsibility (CSR), profitabilitas, return on asset (ROA), return on equity (ROE), earning per share (EPS), net profit margin (NPM) |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Akuntansi |
Depositing User: | Eriana Ringgowati |
Date Deposited: | 14 Feb 2020 03:25 |
Last Modified: | 14 Feb 2020 03:25 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/2807 |