BRIGITA, Winny and ADIWIBOWO, Agustinus Santosa,(9 August 2017), PENGARUH STRATEGI TINGKAT BISNIS, PERSAINGAN PASAR, DAN LEVERAGE TERHADAP MANAJEMEN LABA. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text
- Published Version
Download (121kB)
Download (121kB)
Text
- Published Version
Download (206kB)
Download (206kB)
Text
- Published Version
Download (101kB)
Download (101kB)
Text
- Published Version
Download (691kB)
Download (691kB)
Text
- Published Version
Download (341kB)
Download (341kB)
Text
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk menguji dampak dari strategi tingkat bisnis
dan persaingan pasar terhadap praktik manajemen laba. Penelitian ini
menggunakan tipologi strategi Porter; kepemimpinan biaya dan diferensiasi.
Pertama, peneliti menguji hubungan antara strategi tingkat bisnis terhadap praktik
manajemen laba. Selanjutnya, peneliti melakukan pengujian lebih mendalam
dengan menguji dampak dari hubungan antara strategi tingkat bisnis dan
persaingan pasar terhadap praktik manajemen laba. Lebih lanjut, peneliti
melakukan pengujian pengaruh antara leverage terhadap manajemen laba.
Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder.
Populasi penelitian adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek
Indonesia. Metoda sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah
purposive sampling dengan kriteria perusahaan terdaftar di Bursa Efek Indonesia
sebelum tahun 2011 dan menyajikan laporan keuangan selama tahun 2012 sampai
2014 secara lengkap dengan menggunakan mata uang rupiah. Jumlah total sampel
dalam penelitian ini sebanyak 129 perusahaan dari empat tahun periode
pengamatan. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis Ordinary Least
Square (OLS).
Hasil penelitian menunjukan bahwa perusahaan yang menerapkan strategi
kepemimpinan biaya memiliki kemungkinan yang lebih tinggi dalam melakukan
praktik manajemen laba dan perusahaan yang menerapkan strategi diferensiasi
cenderung untuk tidak melakukan praktik manajemen laba. Lebih lanjut, hasil
penelitian mengindikasikan bahwa perusahaan dengan strategi kepemimpinan
biaya dan berada dalam suatu lingkungan persaingan yang ketat cenderung untuk
melakukan praktik manajemen laba. Di sisi lain, tingkat praktik manajemen laba
dari perusahaan yang menerapkan strategi diferensiasi juga dipengaruhi secara
signifikan oleh persaingan pasar. Lebih lanjut, hasil penelitian ini menunjukkan
bahwa leverage dalam perusahaan tidak berpengaruh secara signifikan terhadap
manajemen laba.
Keywords : | Business level strategy, cost leadership, differentiation, market competition, leverage, earnings management, Strategi tingkat bisnis, kepemimpinan biaya, diferensiasi, persaingan pasar, leverage, manajemen laba |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Akuntansi |
Depositing User: | Arief Eryka Zendy |
Date Deposited: | 18 Feb 2020 02:45 |
Last Modified: | 18 Feb 2020 02:45 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/2920 |