PENGARUH STRATEGI TINGKAT BISNIS, PERSAINGAN PASAR, DAN LEVERAGE TERHADAP MANAJEMEN LABA

BRIGITA, Winny and ADIWIBOWO, Agustinus Santosa,(9 August 2017), PENGARUH STRATEGI TINGKAT BISNIS, PERSAINGAN PASAR, DAN LEVERAGE TERHADAP MANAJEMEN LABA. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of 1. S - Cover - 12030113140253.pdf] Text - Published Version
Download (121kB)
[thumbnail of 4. S - Abstrak (Inggris) - 12030113140253.pdf] Text - Published Version
Download (206kB)
[thumbnail of 5. S - Abstrak (Indonesia) - 12030113140253.pdf] Text - Published Version
Download (101kB)
[thumbnail of 6. S - Daftar Isi - 12030113140253.pdf] Text - Published Version
Download (691kB)
[thumbnail of 12. S - Daftar Pustaka - 12030113140253.pdf] Text - Published Version
Download (341kB)
[thumbnail of 16. S - Fulltext PDF Bookmarks - 12030113140253.pdf] Text
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menguji dampak dari strategi tingkat bisnis dan persaingan pasar terhadap praktik manajemen laba. Penelitian ini menggunakan tipologi strategi Porter; kepemimpinan biaya dan diferensiasi. Pertama, peneliti menguji hubungan antara strategi tingkat bisnis terhadap praktik manajemen laba. Selanjutnya, peneliti melakukan pengujian lebih mendalam dengan menguji dampak dari hubungan antara strategi tingkat bisnis dan persaingan pasar terhadap praktik manajemen laba. Lebih lanjut, peneliti melakukan pengujian pengaruh antara leverage terhadap manajemen laba. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder. Populasi penelitian adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Metoda sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling dengan kriteria perusahaan terdaftar di Bursa Efek Indonesia sebelum tahun 2011 dan menyajikan laporan keuangan selama tahun 2012 sampai 2014 secara lengkap dengan menggunakan mata uang rupiah. Jumlah total sampel dalam penelitian ini sebanyak 129 perusahaan dari empat tahun periode pengamatan. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis Ordinary Least Square (OLS). Hasil penelitian menunjukan bahwa perusahaan yang menerapkan strategi kepemimpinan biaya memiliki kemungkinan yang lebih tinggi dalam melakukan praktik manajemen laba dan perusahaan yang menerapkan strategi diferensiasi cenderung untuk tidak melakukan praktik manajemen laba. Lebih lanjut, hasil penelitian mengindikasikan bahwa perusahaan dengan strategi kepemimpinan biaya dan berada dalam suatu lingkungan persaingan yang ketat cenderung untuk melakukan praktik manajemen laba. Di sisi lain, tingkat praktik manajemen laba dari perusahaan yang menerapkan strategi diferensiasi juga dipengaruhi secara signifikan oleh persaingan pasar. Lebih lanjut, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa leverage dalam perusahaan tidak berpengaruh secara signifikan terhadap manajemen laba.
Keywords : Business level strategy, cost leadership, differentiation, market competition, leverage, earnings management, Strategi tingkat bisnis, kepemimpinan biaya, diferensiasi, persaingan pasar, leverage, manajemen laba
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Akuntansi
Depositing User: Arief Eryka Zendy
Date Deposited: 18 Feb 2020 02:45
Last Modified: 18 Feb 2020 02:45
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/2920

Actions (login required)

View Item
View Item