RANTAI NILAI (VALUE CHAIN) KOMODITAS CABAI MERAH (Capsicum Annuum) DI KABUPATEN TEMANGGUNG

DWIKURNIA, Wuri Fitiria and ARIANTI, Fitrie,(18 February 2016), RANTAI NILAI (VALUE CHAIN) KOMODITAS CABAI MERAH (Capsicum Annuum) DI KABUPATEN TEMANGGUNG. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of 16. S - Fulltext PDF Bookmarks -12020111120013.pdf] Text
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui rantai nilai komoditas cabai merah di Kecamatan Bulu Kabupaten Temanggung.Masalah utama yang dihadapi oleh petani cabai merah ini yaitu memiliki rantai pemasaran yang cukup panjang dan merupakan barang yang mudah rusak yang menyebabkan fluktuasi harga. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara pemilihan responden melalui metode purposive sampling dengan jumlah responden sebanyak 100 orang dan dengan menggunakan snowball untuk menentukan lembaga pemasaran sebanyak 11 orang. Metode wawancara mendalam untuk key person dari lingkungan akademisi, pebisnis, pemerintahan, dan komunitas (A-B-G-C) sebanyak 5 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada tiga tipe saluran pemasaran yang berbeda.Dengan marjin pemasaran disaluran lembaga pemasaran yang berbeda. Saluran lembaga pemasaran yang pertama dengan marjin Rp 1.000,00, marjin di saluran pemasaran yang kedua yaitu Rp 2.000,00 dan saluran pemasaran ketiga sebesar Rp 4.000,00 yang merupakan marjin terbesar karena merupakan saluran pemasaran terpanjang.
Keywords : Value Chain, Merketing Channel, Marketing Margin and Red Chili, Rantai Nilai, Lembaga Pemasaran, Marjin Pemasaran dan Cabai Merah
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Pembangunan
Depositing User: Eriana Ringgowati
Date Deposited: 25 Feb 2020 02:49
Last Modified: 25 Feb 2020 02:49
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/3112

Actions (login required)

View Item
View Item