PENGARUH AGRESIVITAS PAJAK, UKURAN PERUSAHAAN DAN LEVERAGE TERHADAP CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014-2015

CITRA, Thalliana Mutiara and SYAFRUDDIN, Muchamad,(7 February 2017), PENGARUH AGRESIVITAS PAJAK, UKURAN PERUSAHAAN DAN LEVERAGE TERHADAP CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014-2015. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of 16. S=Fulltext PDF Bookmarks-12030113140173.pdf] Text
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh agresivitas pajak, ukuran perusahaan dan leverage terhadap corporate social responsibility. Variabel dependen yang digunakan dalam penelitian ini adalah corporate social responsibility. Variabel independen dalam penelitian ini adalah agresivitas pajak, ukuran perusahaan dan leverage. Penelitian ini menggunakan tiga variabel control yaitu capital intensity, market to book ratio dan return on asset. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di bursa efek Indonesia tahun 2014-2015. sedangkan sampel penelitian adalah 173 perusahaan sektor manufaktur pada tahun 2014-2015. Metode sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Uji analisis menggunakan model analisis regresi ordinary least square. Hasil penelitian ini menunjukkan agresivitas pajak berpengaruh positif dan signifikan terhadap corporate social responsibility, hal ini sesuai dengan teori legitimasi. Ukuran perusahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap corporate social responsibility, hal ini sesuai dengan teori legitimasi. Sedangkan leverage berpengaruh positif dan signifikan terhadap corporate social responsibility, hal ini sesuai dengan teori legitimasi.
Keywords : corporate social responsibility, aggressiveness tax, factors that influence the CSR, legitimacy theory, corporate social responsibility, agresivitas pajak, faktor-faktor yang mempengaruhi CSR, teori legitimasi
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Akuntansi
Depositing User: Handri Herawati
Date Deposited: 27 Feb 2020 03:19
Last Modified: 27 Feb 2020 03:19
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/3239

Actions (login required)

View Item
View Item