FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN KONSUMEN SERTA DAMPAKNYA TERHADAP LOYALITAS PADA KONSUMEN E-COMMERCE TOKOPEDIA DI KOTA SEMARANG

PUSPITANINGRUM, Devy Arista and ASTUTI, Sri Rahayu Tri,(25 January 2017), FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN KONSUMEN SERTA DAMPAKNYA TERHADAP LOYALITAS PADA KONSUMEN E-COMMERCE TOKOPEDIA DI KOTA SEMARANG. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of 16. S=Fulltext PDF Bookmarks-12010113120089.PDF] Text
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Pertumbuhan bisnis online yang tinggi serta bergesernya perilaku konsumen yang menginginkan transaksi cepat, fleksibel dan hemat waktu menyebabkan pertumbuhan e-commerce kian meningkat pula. Hal ini menandakan semakin ketatnya persaingan di dunia e-commerce dalam merebut pasar. Loyalitas konsumen dibutuhkan agar perusahaan dapat terus berjalan dengan baik ditengah banyaknya pesaing. Dalam persaingan e-commerce ini, brand Tokopedia yang terus meningkat tidak dibarengi dengan adanya loyalitas konsumen untuk menggunakan situs tersebut. Penelitian ini berujuan untuk menguji pengaruh variabel kepercayaan merek (brand trust), kualitas website (website quality) dan kualitas layanan (service quality) terhadap loyalitas konsumen Tokopedia di kota Semarang melalui kepuasan konsumen sebagai variabel intervening. Jumlah sampel sebanyak 100 responden diambil dengan teknik purposive sampling yaitu konsumen di kota Semarang yang pernah melakukan transaksi atau pembelian di Tokopedia minimal 2 kali dan juga pernah melakukan transaksi di minimal 1 situs C2C yang lain. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda, dimana analisis tersebut meliputi : uji validitas, uji reliabilitas, uji asmsi klasik, uji regresi linier bergannda, uji t, uji F, uji determinasi dan uji Sobel. Hasil analisis regresi berganda menunjukan bahwa semua variabel independen yaitu kepercayaan merek atau brand trust (0,126), kualitas website atau website quality (0,156) dan kualitas layanan atau service quality (0,698) mempunyai hubungan positif dan signifikan terhadap variabel kepuasan konsumen sebagai variabel intervening. Variabel intervening berupa kepuasan konsumen mempunyai hubungan yang positif (0,871) dan sejalan terhadap variabel dependen yaitu loyalitas konsumen. Kata kunci : kepercayaan merek, kualitas website, kualitas layanan , kepuasan konsumen, loyalitas konsumen
Keywords : Brand Trust, Website Quality, Service Quality, Customer Satisfaction, Customer Loyalty, kepercayaan merek, kualitas website, kualitas layanan , kepuasan konsumen, loyalitas konsumen
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Handri Herawati
Date Deposited: 02 Mar 2020 02:15
Last Modified: 02 Mar 2020 02:15
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/3328

Actions (login required)

View Item
View Item