PUTRI, Wilda Rizkilia and SUSILOWATI, Indah,(3 October 2016), ANALISIS WILLINGNESS TO PAY KONSUMEN TERHADAP DAGING AYAM RAS BERSERTIFIKAT HALAL (Studi Pada Kecamatan Pedurungan Kota Semarang). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text
Download (3MB)
Download (3MB)
Text
Download (3MB)
Download (3MB)
Text
Download (3MB)
Download (3MB)
Text
Download (3MB)
Download (3MB)
Text
Download (3MB)
Download (3MB)
Text
Restricted to Repository staff only
Download (3MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (3MB) | Request a copy
Abstract
Kecamatan Pedurungan merupakan salah satu Kecamatan yang ada di Kota
Semarang. Luas Kecamatan Pedurungan yaitu 526,33 Ha. Jumlah penduduk
Kecamatan Pedurungan hingga tahun 2014 menurut data Semarang dalam Angka
mencapai 178.544 jiwa yang terdiri dari 88.183 penduduk laki-laki dan 90.361
penduduk perempuan.
Tujuan dari penelitian ini yaitu: (1) mengidentifikasi tingkat kesadaran
masyarakat akan pentingnya daging ayam bersertifikat halal. (2) mengestimasi nilai
WTP yang bersedia di bayarkan masyarakat pada daging ayam bersertifikat halal.
(3) menganalisis variabel pendapatan rumah tangga per bulan, tingkat pendidikan,
usia, konsumsi daging ayam, kesadaran kehalalan, dan jumlah anggota keluarga
mempengaruhi besaran nilai kesediaan membayar.
Penelitian ini menggunakan data primer dan sekunder. Data primer
diperoleh dari 102 responden wanita berumah tangga dan 2 responden keyperson
dari LPPOM MUI dan Akademisi. Data sekunder diperoleh dari BPS Provinsi Jawa
Tengah, BPS Kota Semarang, dan BAPPEDA Provinsi Jawa Tengah. Kecamatan
Pedurungan dipilih sebagai studi kasus dikarenakan memiliki jumlah penduduk
muslim terbesar di Kota Semarang. Pemilihan responden dilakukan dengan
menggunakan metode accidental sampling. Hasil observasi diuji dengan model
regresi ordinary least square.
Hasil analisis menunjukkan terdapat 96 responden dari 102 yang
menyatakan bersedia membayar daging bersertifikasi halal dengan rentang Rp
36.500,00 per kilogram hingga Rp 39.000,00 per kilogram. Variabel yang
berpengaruh terhadap kemauan bayar responden antara lain adalah: variabel
pendapatan, pendidikan, konsumsi daging ayam, faktor kesadaran mempengaruhi
secara positif dan signifikan terhadap variabel kemauan bayar konsumen. Variabel
usia mempengaruhi signifikan dengan bertanda negatif
Keywords : | Consumer, Contingent Valuation, Halal, Willingness to Pay, Konsumen, Contingent Valuation, Halal, Willingness to Pay |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Ekonomi Pembangunan |
Depositing User: | Elok Inajati |
Date Deposited: | 09 Mar 2020 09:16 |
Last Modified: | 09 Mar 2020 09:16 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/3595 |