ANALISIS WILLINGNESS TO PAY KONSUMEN TERHADAP DAGING AYAM RAS BERSERTIFIKAT HALAL (Studi Pada Kecamatan Pedurungan Kota Semarang)

PUTRI, Wilda Rizkilia and SUSILOWATI, Indah,(3 October 2016), ANALISIS WILLINGNESS TO PAY KONSUMEN TERHADAP DAGING AYAM RAS BERSERTIFIKAT HALAL (Studi Pada Kecamatan Pedurungan Kota Semarang). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of 16. s - Fulltext PDF Bookmarks -  12020112130025.pdf] Text
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Kecamatan Pedurungan merupakan salah satu Kecamatan yang ada di Kota Semarang. Luas Kecamatan Pedurungan yaitu 526,33 Ha. Jumlah penduduk Kecamatan Pedurungan hingga tahun 2014 menurut data Semarang dalam Angka mencapai 178.544 jiwa yang terdiri dari 88.183 penduduk laki-laki dan 90.361 penduduk perempuan. Tujuan dari penelitian ini yaitu: (1) mengidentifikasi tingkat kesadaran masyarakat akan pentingnya daging ayam bersertifikat halal. (2) mengestimasi nilai WTP yang bersedia di bayarkan masyarakat pada daging ayam bersertifikat halal. (3) menganalisis variabel pendapatan rumah tangga per bulan, tingkat pendidikan, usia, konsumsi daging ayam, kesadaran kehalalan, dan jumlah anggota keluarga mempengaruhi besaran nilai kesediaan membayar. Penelitian ini menggunakan data primer dan sekunder. Data primer diperoleh dari 102 responden wanita berumah tangga dan 2 responden keyperson dari LPPOM MUI dan Akademisi. Data sekunder diperoleh dari BPS Provinsi Jawa Tengah, BPS Kota Semarang, dan BAPPEDA Provinsi Jawa Tengah. Kecamatan Pedurungan dipilih sebagai studi kasus dikarenakan memiliki jumlah penduduk muslim terbesar di Kota Semarang. Pemilihan responden dilakukan dengan menggunakan metode accidental sampling. Hasil observasi diuji dengan model regresi ordinary least square. Hasil analisis menunjukkan terdapat 96 responden dari 102 yang menyatakan bersedia membayar daging bersertifikasi halal dengan rentang Rp 36.500,00 per kilogram hingga Rp 39.000,00 per kilogram. Variabel yang berpengaruh terhadap kemauan bayar responden antara lain adalah: variabel pendapatan, pendidikan, konsumsi daging ayam, faktor kesadaran mempengaruhi secara positif dan signifikan terhadap variabel kemauan bayar konsumen. Variabel usia mempengaruhi signifikan dengan bertanda negatif
Keywords : Consumer, Contingent Valuation, Halal, Willingness to Pay, Konsumen, Contingent Valuation, Halal, Willingness to Pay
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Pembangunan
Depositing User: Elok Inajati
Date Deposited: 09 Mar 2020 09:16
Last Modified: 09 Mar 2020 09:16
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/3595

Actions (login required)

View Item
View Item