HASNARI, Sonia and FERDINAND, Augusty Tae,(19 September 2016), ANALISIS PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN INOVASI PRODUK TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING UNTUK MENINGKATKAN KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PRODUK PLAT BETON “FLYSLAB” (Studi Kasus pada PT. Kinarya Beton Salatiga). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text
- Published Version
Download (1MB)
Download (1MB)
Text
- Published Version
Download (1MB)
Download (1MB)
Text
- Published Version
Download (1MB)
Download (1MB)
Text
- Published Version
Download (1MB)
Download (1MB)
Text
- Published Version
Download (1MB)
Download (1MB)
Text
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Abstract
Saat ini, kebutuhan pembangunan berupa perumahan serta gedung perkantoran di Indonesia meningkat dengan sangat signifikan dan akan terus berlanjut untuk beberapa dekade ke depan. Permintaan akan kebutuhan bangunan ini berkaitan dengan adanya peningkatan penduduk berpenghasilan menengah dan pembangunan ekonomi negara. Hal tersebut mengakibatkan terjadinya persaingan yang semakin ketat antar perusahaan konstruksi perumahan dan bangunan untuk merebut pasar, khususnya untuk memenuhi kebutuhan akan beton. Dalam situasi seperti ini, perusahaan-perusahaan beton akan melakukan berbagai macam cara untuk memenuhi kebutuhan konsumen akan beton yang berkualitas baik dan memiliki harga yang bersaing. Keinginan konsumen terhadap suatu produk harus benar-benar dipahami dan dipenuhi oleh perusahaan. Perusahaan manufaktur seperti PT Kinarya Beton Salatiga, harus menciptakan inovasi baru pada produk betonnya untuk menarik para konsumen. Adanya persaingan antar perusahaan yang sangat ketat ini mendorong konsumen untuk lebih selektif dalam memperhatikan beberapa aspek seperti kualitas, harga, dan penampilan produk yang akan dibeli.
Penelitian ini menggunakan empat variabel yaitu kualitas produk, inovasi produk, keunggulan bersaing, dan keputusan pembelian. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsumen yang sudah pernah membeli produk beton “Flyslab” dari PT. Kinarya Beton Salatiga. Pengujian hipotesis penelitian ini menggunakan data sebanyak 100 responden. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan program software Statistical Package for Social Science (SPSS) 23.
Hasil penelitian menunjukkan kualitas produk dan inovasi produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing dengan hasil Y1 = 0,184 X1 + 0,592 X2 , serta keunggulan bersaing berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan hasil Y2 = 0,544 Y1
Keywords : | product quality, product innovation, competitive advantage, and purchasing decision, kualitas produk, inovasi produk, keunggulan bersaing, dan keputusan pembelian |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Arief Eryka Zendy |
Date Deposited: | 11 Mar 2020 07:49 |
Last Modified: | 11 Mar 2020 07:49 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/3666 |