ANALISIS PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN INOVASI PRODUK TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING UNTUK MENINGKATKAN KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PRODUK PLAT BETON “FLYSLAB” (Studi Kasus pada PT. Kinarya Beton Salatiga)

HASNARI, Sonia and FERDINAND, Augusty Tae,(19 September 2016), ANALISIS PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN INOVASI PRODUK TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING UNTUK MENINGKATKAN KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PRODUK PLAT BETON “FLYSLAB” (Studi Kasus pada PT. Kinarya Beton Salatiga). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of 1. S - Cover - 12010112140283.PDF] Text - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of 4. S - Abstrak (Inggris) - 12010112140283.PDF] Text - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of 5. S - Abstrak (Indonesia) - 12010112140283.PDF] Text - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of 6. S - Daftar Isi - 12010112140283.PDF] Text - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of 12. S - Daftar Pustaka - 12010112140283.PDF] Text - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of 16. S - Fulltext PDF Bookmarks - 12010112140283.PDF] Text
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Saat ini, kebutuhan pembangunan berupa perumahan serta gedung perkantoran di Indonesia meningkat dengan sangat signifikan dan akan terus berlanjut untuk beberapa dekade ke depan. Permintaan akan kebutuhan bangunan ini berkaitan dengan adanya peningkatan penduduk berpenghasilan menengah dan pembangunan ekonomi negara. Hal tersebut mengakibatkan terjadinya persaingan yang semakin ketat antar perusahaan konstruksi perumahan dan bangunan untuk merebut pasar, khususnya untuk memenuhi kebutuhan akan beton. Dalam situasi seperti ini, perusahaan-perusahaan beton akan melakukan berbagai macam cara untuk memenuhi kebutuhan konsumen akan beton yang berkualitas baik dan memiliki harga yang bersaing. Keinginan konsumen terhadap suatu produk harus benar-benar dipahami dan dipenuhi oleh perusahaan. Perusahaan manufaktur seperti PT Kinarya Beton Salatiga, harus menciptakan inovasi baru pada produk betonnya untuk menarik para konsumen. Adanya persaingan antar perusahaan yang sangat ketat ini mendorong konsumen untuk lebih selektif dalam memperhatikan beberapa aspek seperti kualitas, harga, dan penampilan produk yang akan dibeli. Penelitian ini menggunakan empat variabel yaitu kualitas produk, inovasi produk, keunggulan bersaing, dan keputusan pembelian. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsumen yang sudah pernah membeli produk beton “Flyslab” dari PT. Kinarya Beton Salatiga. Pengujian hipotesis penelitian ini menggunakan data sebanyak 100 responden. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan program software Statistical Package for Social Science (SPSS) 23. Hasil penelitian menunjukkan kualitas produk dan inovasi produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing dengan hasil Y1 = 0,184 X1 + 0,592 X2 , serta keunggulan bersaing berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan hasil Y2 = 0,544 Y1
Keywords : product quality, product innovation, competitive advantage, and purchasing decision, kualitas produk, inovasi produk, keunggulan bersaing, dan keputusan pembelian
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Arief Eryka Zendy
Date Deposited: 11 Mar 2020 07:49
Last Modified: 11 Mar 2020 07:49
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/3666

Actions (login required)

View Item
View Item