ANALISIS PENGARUH PRODUK, HARGA DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi Kasus pada Toko Buku Togamas Bangkong Semarang)

SIAHAAN, Hetty Maria and MUDIANTONO, Mudiantono,(April 2013), ANALISIS PENGARUH PRODUK, HARGA DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi Kasus pada Toko Buku Togamas Bangkong Semarang). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of 16. S-Fulltext PDF Bookmarks-C2A009081.pdf] Text
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Dengan perkembangan globalisasi yang begitu cepat saat ini, sangat mempengaruhi pola kehidupan masyarakat dalam menjalankan aktivitas. Kebutuhan masyarakat akan suatu informasi di era yang sangat berkembang ini seperti buku sangat dibutuhkan oleh setiap individu. Buku tidak memiliki batasan apapun bagi setiap individu. Oleh karena itu banyak perusahaan atau toko yang menyediakan buku bacaan untuk publik. Sehingga toko buku semakin berkembang dengan karakteristik masing-masing. Toko Buku adalah sebuah tempat yang menyediakan berbagai macam jenis buku ataupun alat tulis lainnnya untuk dijual. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh produk, harga dan lokasi terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini merupakan penelitian yang berjenis deskriptif, yaitu penelitian yang menggambarkan obyek-obyek yang berhubungan untuk pengambilan keputusan yang bersifat umum. Populasi dalam penelitian ini adalah semua orang yang membeli buku jenis ekonomi, teknik informatika dan jenis komik di Toko Buku Togamas Bangkong Semarang. Sampel dalam penilitian ini adalah 100 orang yang membeli buku di Toko Buku Togamas Bangkong Semarang yang diambil secara purposive sampling. Pengumpulan datanya dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Hasil analisis regresi berganda yaitu, Y = 0,485X1 + 0,394X2 + 0,243X3 Variabel independen yang paling berpengaruh terhadap variabel dependen adalah variabel produk (0,485), diikuti oleh variabel harga (0,394) dan terakhir variabel lokasi (0,243). Hasil uji tmembuktikan bahwa semua variabel independen (produk, harga dan lokasi) mempunyai pengaruh positif terhadap variabel dependen yaitu keputusan pembelian buku jenis komik, ekonomi dan teknik informatika di Toko Buku Togamas Bangkong Semarang. Artinya menurut konsumen, ketiga variabel independen tersebut dianggap penting ketika akan membeli buku jenis komik, ekonomi dan teknik informatika di Toko Buku Togamas Bangkong Semarang. Dan koefisien determinasi (adjusted R^2) yang diperoleh sebesar 0,543. Hal ini berarti 54,3% keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh variabel produk, harga dan lokasi sedangkan sisanya yaitu 45,7% dipengaruhi oleh variabel-variabel lainnyayang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Keywords : Product, Price, Location, purchasing decision, Produk, Harga, Lokasi, dan Keputusan Pembelian
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Users 15 not found.
Date Deposited: 18 Apr 2020 06:30
Last Modified: 18 Apr 2020 06:30
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/3793

Actions (login required)

View Item
View Item