SIAHAAN, Hetty Maria and MUDIANTONO, Mudiantono,(April 2013), ANALISIS PENGARUH PRODUK, HARGA DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi Kasus pada Toko Buku Togamas Bangkong Semarang). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text
Download (3MB)
Download (3MB)
Text
Download (3MB)
Download (3MB)
Text
Download (3MB)
Download (3MB)
Text
Download (3MB)
Download (3MB)
Text
Download (3MB)
Download (3MB)
Text
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Dengan perkembangan globalisasi yang begitu cepat saat ini, sangat
mempengaruhi pola kehidupan masyarakat dalam menjalankan aktivitas.
Kebutuhan masyarakat akan suatu informasi di era yang sangat berkembang ini
seperti buku sangat dibutuhkan oleh setiap individu. Buku tidak memiliki batasan
apapun bagi setiap individu. Oleh karena itu banyak perusahaan atau toko yang
menyediakan buku bacaan untuk publik. Sehingga toko buku semakin
berkembang dengan karakteristik masing-masing. Toko Buku adalah sebuah
tempat yang menyediakan berbagai macam jenis buku ataupun alat tulis lainnnya
untuk dijual.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh produk, harga dan
lokasi terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini merupakan penelitian yang
berjenis deskriptif, yaitu penelitian yang menggambarkan obyek-obyek yang
berhubungan untuk pengambilan keputusan yang bersifat umum. Populasi dalam
penelitian ini adalah semua orang yang membeli buku jenis ekonomi, teknik
informatika dan jenis komik di Toko Buku Togamas Bangkong Semarang.
Sampel dalam penilitian ini adalah 100 orang yang membeli buku di Toko Buku
Togamas Bangkong Semarang yang diambil secara purposive sampling.
Pengumpulan datanya dilakukan dengan menggunakan kuesioner.
Hasil analisis regresi berganda yaitu,
Y = 0,485X1 + 0,394X2 + 0,243X3
Variabel independen yang paling berpengaruh terhadap variabel dependen adalah
variabel produk (0,485), diikuti oleh variabel harga (0,394) dan terakhir variabel
lokasi (0,243). Hasil uji tmembuktikan bahwa semua variabel independen
(produk, harga dan lokasi) mempunyai pengaruh positif terhadap variabel
dependen yaitu keputusan pembelian buku jenis komik, ekonomi dan teknik
informatika di Toko Buku Togamas Bangkong Semarang. Artinya menurut
konsumen, ketiga variabel independen tersebut dianggap penting ketika akan
membeli buku jenis komik, ekonomi dan teknik informatika di Toko Buku
Togamas Bangkong Semarang. Dan koefisien determinasi (adjusted R^2) yang
diperoleh sebesar 0,543. Hal ini berarti 54,3% keputusan pembelian dapat
dijelaskan oleh variabel produk, harga dan lokasi sedangkan sisanya yaitu 45,7%
dipengaruhi oleh variabel-variabel lainnyayang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Keywords : | Product, Price, Location, purchasing decision, Produk, Harga, Lokasi, dan Keputusan Pembelian |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Users 15 not found. |
Date Deposited: | 18 Apr 2020 06:30 |
Last Modified: | 18 Apr 2020 06:30 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/3793 |