PUTRI, Medina and FERDINAND, Augusty Tae,(23 April 2013), ANALISIS PENGARUH ISI BERITA, KELOMPOK ACUAN, DAN BRAND AWARENESS TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PADA TABLOID OTOSPEED (Studi Pada Masyarakat di Kota Semarang). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text
Download (1MB)
Download (1MB)
Text
Download (1MB)
Download (1MB)
Text
Download (1MB)
Download (1MB)
Text
Download (1MB)
Download (1MB)
Text
Download (1MB)
Download (1MB)
Text
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan memberikan bukti empiris
mengenai minat beli Tabloid Otospeed pada audiens sesuai dengan kriteria yang
ditentukan. Adapun pertanyaan pada penelitian ini adalah apakah isi berita,
kelompok acuan, dan brand awareness dapat mempengaruhi minat beli konsumen
terhadap Tabloid Otospeed. Dalam penelitian ini data dikumpulkan melalui
metode kuesioner terhadap 75 orang responden yang berminat membeli Tabloid
Otospeed di Semarang dengan menggunakan teknik purposive sampling.
Model yang dikembangkan pada penelitian ini terdiri dari tiga variabel
independen yaitu atribut isi berita, kelompok acuan, dan brand awareness, dan
satu variabel dependen yaitu minat beli. Metode analisis yang digunakan adalah
analisis kuantitatif dan analisis kualitatif menggunakan analisis regresi linier
berganda dengan program SPSS. Analisis ini meliputi: uji validitas dan
reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, pengujian hipotesis
melalui uji t dan uji F, serta koefisien determinasi (R^2). Dari analisis tersebut diperoleh persamaan regresi:
Y= 0,301 X1 + 0,391 X2 + 0,252 X3
Hasil penelitian menunjukkan bahwa isi berita, kelompok acuan, dan
brand awareness berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli. Variabel
kelompok acuan merupakan faktor yang paling dominan mempengaruhi minat
beli sebesar 0,391 dan faktor terkecil mempengaruhi minat beli adalah brand
awareness sebesar 0,252. Kemudian melalui uji F dapat diketahui bahwa ketiga
variabel independen memang layak untuk menguji variabel dependen minat beli.
Angka Adjusted R Square sebesar 0,627 menunjukkan bahwa 62,7 persen variabel
minat beli dapat dijelaskan oleh ketiga variabel independen dalam persamaan
regresi. Sedangkan sisanya 37,3 persen dijelaskan oleh variabel lain diluar ketiga
variabel yang digunakan dalam penelitian ini.
Keywords : | Interest Buy, News Content, Reference Group, Brand Awareness, Minat Beli, Isi Berita, Kelompok Acuan, Brand Awareness |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Users 15 not found. |
Date Deposited: | 18 Apr 2020 07:42 |
Last Modified: | 18 Apr 2020 07:42 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/3803 |