ANALISIS PENGARUH ISI BERITA, KELOMPOK ACUAN, DAN BRAND AWARENESS TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PADA TABLOID OTOSPEED (Studi Pada Masyarakat di Kota Semarang)

PUTRI, Medina and FERDINAND, Augusty Tae,(23 April 2013), ANALISIS PENGARUH ISI BERITA, KELOMPOK ACUAN, DAN BRAND AWARENESS TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PADA TABLOID OTOSPEED (Studi Pada Masyarakat di Kota Semarang). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of 16. S-Fulltext PDF Bookmarks-C2A008094.pdf] Text
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan memberikan bukti empiris mengenai minat beli Tabloid Otospeed pada audiens sesuai dengan kriteria yang ditentukan. Adapun pertanyaan pada penelitian ini adalah apakah isi berita, kelompok acuan, dan brand awareness dapat mempengaruhi minat beli konsumen terhadap Tabloid Otospeed. Dalam penelitian ini data dikumpulkan melalui metode kuesioner terhadap 75 orang responden yang berminat membeli Tabloid Otospeed di Semarang dengan menggunakan teknik purposive sampling. Model yang dikembangkan pada penelitian ini terdiri dari tiga variabel independen yaitu atribut isi berita, kelompok acuan, dan brand awareness, dan satu variabel dependen yaitu minat beli. Metode analisis yang digunakan adalah analisis kuantitatif dan analisis kualitatif menggunakan analisis regresi linier berganda dengan program SPSS. Analisis ini meliputi: uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, pengujian hipotesis melalui uji t dan uji F, serta koefisien determinasi (R^2). Dari analisis tersebut diperoleh persamaan regresi: Y= 0,301 X1 + 0,391 X2 + 0,252 X3 Hasil penelitian menunjukkan bahwa isi berita, kelompok acuan, dan brand awareness berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli. Variabel kelompok acuan merupakan faktor yang paling dominan mempengaruhi minat beli sebesar 0,391 dan faktor terkecil mempengaruhi minat beli adalah brand awareness sebesar 0,252. Kemudian melalui uji F dapat diketahui bahwa ketiga variabel independen memang layak untuk menguji variabel dependen minat beli. Angka Adjusted R Square sebesar 0,627 menunjukkan bahwa 62,7 persen variabel minat beli dapat dijelaskan oleh ketiga variabel independen dalam persamaan regresi. Sedangkan sisanya 37,3 persen dijelaskan oleh variabel lain diluar ketiga variabel yang digunakan dalam penelitian ini.
Keywords : Interest Buy, News Content, Reference Group, Brand Awareness, Minat Beli, Isi Berita, Kelompok Acuan, Brand Awareness
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Users 15 not found.
Date Deposited: 18 Apr 2020 07:42
Last Modified: 18 Apr 2020 07:42
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/3803

Actions (login required)

View Item
View Item