TAUFIK, Fikry Akbar and YUNIAWAN, Ahyar,(26 April 2013), ANALISIS PENGARUH ETIKA IKLAN DAN VISUALISASI IKLAN TERHADAP PERSEPSI KONSUMEN ATAS IKLAN-IKLAN DETERJEN DI TELEVISI “STUDI PADA KONSUMEN PRODUK-PRODUK DETERJEN DI WILAYAH BULUSAN, SEMARANG”. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text
Download (663kB)
Download (663kB)
Text
Download (650kB)
Download (650kB)
Text
Download (651kB)
Download (651kB)
Text
Download (635kB)
Download (635kB)
Text
Download (707kB)
Download (707kB)
Text
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Banyaknya produk deterjen yang beredar di pasaran membuat persaingan
dalam bisnis ini semakin ketat. Setiap produsen deterjen mengiklankan produknya
di media cetak maupun media elektronik dengan menampilkan kelebihan dari
masing-masing produk yang dimilikinya. Inilah yang ironis dimana kepentingan
bisnis kadang melupakan masalah etika. Padahal iklan seharusnya berisi informasi
tentang suatu produk sehingga konsumen dapat mengenal dan mengetahui seperti
apa produk yang akan ia pakai.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana etika
mempengaruhi kinerja periklanan dan sejauh mana iklan yang dinilai tidak
mengedepankan etika dapat mempengaruhi persepsi konsumen. Dalam hal ini
studi dilakukan pada iklan produk-produk deterjen di televisi.
Analisis jalur digunakan sebagai analisis kuantitatif. Analisis jalur
menggunakan dua tahap regresi linear. Metode yang digunakan dalam penelitian
ini adalah metode survey melalui penyebaran kuisioner. Penelitian ini dilakukan
pada konsumen produk-produk deterjen di wilayah Bulusan, Semarang. Jumlah
sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 100 orang.
Hasil perhitungan determinasi total menunjukan bahwa informasi yang
terkandung dalam data sebesar 49,8% dapat dijelaskan oleh model. Sedangkan
sisanya dijelaskan oleh variabel lain dan error. Hasil pengujian hipotesis dari jalur
menunjukan adanya nya pengaruh yang positif dan signifikan yaitu dari Etika
Iklan dan Visualisasi Iklan terhadap Persepsi Konsumen. Sedangkan untuk
hubungan Etika Iklan terhadap Visualisasi Iklan memang dapat berpengaruh
secara positif namun tidak signifikan yang dapat terjadi karena iklan yang diteliti
dalam penelitian ini adalah sebuah produk yang termasuk dalam klasifikasi
produk shopping good, sedangkan penelitian terdahulu meneliti iklan produk yang
termasuk dalam klasifikasi produk speciality good.
Keywords : | Advertising, Advertising Ethics, Visualization Advertising, Consumer Perception, Iklan, Etika Iklan, Visualisasi Iklan, Persepsi Konsumen |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Users 15 not found. |
Date Deposited: | 18 Apr 2020 08:49 |
Last Modified: | 18 Apr 2020 08:49 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/3817 |