BUDI, Arifta and SANTOSA, Purbayu Budi,(February 2013), ANALISIS PERMINTAAN OBYEK WISATA MASJID AGUNG SEMARANG. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text
- Published Version
Download (47kB)
Download (47kB)
Text
- Published Version
Download (46kB)
Download (46kB)
Text
- Published Version
Download (46kB)
Download (46kB)
Text
- Published Version
Download (74kB)
Download (74kB)
Text
- Published Version
Download (56kB)
Download (56kB)
Text
- Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Objek wisata Masjid Agung Semarang dipilih karena objek wisata tersebut
merupakan salah satu objek wisata di Kota Semarang, yang memiliki jumlah
pengunjung yang paling rendah bila dibandingkan dengan objek wisata Masjid
Agung Demak akan tetapi mempunyai nilai ekonomi. Tujuan dari penelitian ini
adalah untuk mengetahui apakah biaya perjalanan ke objek wisata Masjid Agung
Semarang, biaya perjalanan ke objek wisata lain (Demak), pendapatan individu,
jarak, waktu luang, umur, fasilitas dan keindahan mempengaruhi jumlah
permintaan ke objek wisata Masjid Agung Semarang, Kota Semarang, untuk
menganalisis seberapa besar pengaruh biaya perjalanan ke objek wisata Masjid
Agung Semarang, biaya perjalanan ke objek wisata lain (Demak), pendapatan
individu, jarak, waktu kerja, umur dan pengalaman berkunjung sebelumnya
terhadap jumlah kunjungan objek wisata Masjid Agung Semarang.
Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier
berganda dengan jumlah kunjungan sebagai variabel dependen dan delapan
variabel independen yaitu variabel biaya perjalanan ke Masjid Agung Semarang,
variabel biaya perjalanan ke Masjid Agung Demak, variabel pendapatan individu
rata-rata per bulan (Rp), variabel lama perjalanan, variabel waktu luang, variabel
umur, variabel fasilitas dan variabel keindahan dengan menggunakan OLS dan
Surplus Value untuk menghitung nilai total ekonomi objek Masjid Agung
Semarang.
Hasil penelitian menunjukkan lima variabel berpengaruh terhadap jumlah
permintaan pariwisata ke Masjid Agung Semarang yaitu biaya perjalanan menuju
ke Masjid Agung Semarang, jarak, waktu, fasilitas dan keindahan. Variabel jarak
dengan nilai koefisien regresi menghasilkan nilai sebesar 0,093, hal ini berarti
peningkatan jarak akan mengakibatkan terjadinya jumlah permintaan dengan
asumsi bahwa biaya perjalan ke objek wisata Masjid Agung Semarang, biaya
perjalanan ke objek wisata lain (Masjid Agung Demak), pendapatan individu,
waktu, umur dan pengalaman berkunjung sebelumnya dalam keadan tetap
(konstan).
Disimpulkan bahwa semakin tinggi pengalaman berkunjung sebelumnya
maka semakin tinggi jumlah permintaan ke objek wisata Masjid Agung
Semarang. Adanya dari pengalaman terhadap jumlah permintaan wisata ke objek
wisata Masjid Agung Semarang disebabkan karena fasilitas objek wisata dan
keindahan biaya yang dikeluarkan untuk menuju ke objek wisata tersebut
membuat pengunjung yang pernah datang sebelumnya dan merasa puas akan
memiliki niat untuk kembali mengunjunginya.
Keywords : | Demand, Individual Travel Cost Method, the Great Mosque of Semarang attractions, Permintaan, Metode Biaya Perjalanan Individu, Objek Wisata Masjid Agung Semarang |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Ekonomi Pembangunan |
Depositing User: | Endhar Priyo Utomo |
Date Deposited: | 12 May 2020 04:42 |
Last Modified: | 12 May 2020 04:42 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/4024 |