PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DALAM PERSPEKTIF LINGKUNGAN TERHADAP MANAJEMEN LABA (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR PADA BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2012-2013)

PRADIPTA, Reza Hanung and HADIPRAJITNO, Paulus Th Basuki,(21 September 2015), PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DALAM PERSPEKTIF LINGKUNGAN TERHADAP MANAJEMEN LABA (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR PADA BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2012-2013). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of 16. S - Fulltext PDF Bookmarks - 12030111140232.pdf] Text
Restricted to Repository staff only

Download (987kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh corporate social responsibility (CSR) dalam perspektif lingkungan terhadap manajemen aba. Penelitian ini mencoba memberikan bukti empiris mengenai pengaruh CSR dalam perspektif lingkungan terhadap manajemen laba. Variabel independen penelitian ini adalah CSR, variabel dependen yaitu manajemen laba, dan variabel kontrol ukuran perusahaan, leverage, profitabilitas. Variabel independen CSR diukur dengan pengungkapan CSR dengan indikator GRI G3.1 dalam lingkup lingkungan. Variabel kontrol ukuran perusahaan diukur menggunakan logaritma natural dari nilai total aset yang dimiliki perusahaan, leverage diukur menggunakan perbandingan antara total hutang dengan total aset perusahaan, dan profitabilitas diukur menggunakan return on assets (ROA) yang merupakan perbandingan antara jumlah laba bersih dengan total aset. Sedangkan variabel dependen penelitian ini adalah manajemen laba yang diukur dengan akrual diskresioner (DA). Populasi penelitian ini adalah 298 perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI pada periode 2012-2013. Sampel penelitian dipilih menggunakan metode purposive random sampling dengan kriteria tertentu, dan diperoleh sebanyak 146 perusahaan yang memenuhi kriteria. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi berganda. Hasil analisis menunjukan bahwa variabel CSR berpengaruh positif signifikan terhadap manajemen laba. Berdasarkan hasil penelitian tersebut berarti manajemen laba perusahaan dipengaruhi oleh sikapnya terhadap CSR
Keywords : corporate social responsibility (CSR), earnings management, discretionary accruals, firm size, leverage, profitability, : corporate social responsibility (CSR), manajemen laba, akrual diskresioner (DA) , ukuran perusahaan, leverage, profitabilitas.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Akuntansi
Depositing User: Gunawan Gunawan
Date Deposited: 05 Jun 2020 05:55
Last Modified: 05 Jun 2020 05:55
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/4467

Actions (login required)

View Item
View Item