KAISAR, Nur Muhamad and SANTOSO, Suryono Budi,(21 June 2013), ANALISIS PENGARUH MOTIVASI KONSUMEN, KEPRIBADIAN MEREK DAN PERSEPSI KUALITAS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SKUTIK YAMAHA (Studi pada Konsumen Skutik Yamaha di Semarang). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text
Download (46kB)
Download (46kB)
Text
Download (73kB)
Download (73kB)
Text
Download (74kB)
Download (74kB)
Text
Download (49kB)
Download (49kB)
Text
Download (169kB)
Download (169kB)
Text
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi adanya penurunan penjualan dan penurunan
pangsa pasar skutik Yamaha. Penurunan penjualan ini menunjukan adanya penurunan
keputusan pembelian konsumen pada produk skutik Yamaha sehingga dapat
dirumuskan dalam penelitian ini bahwa bagaimana konsumen mengambil keputusan
pembelian sepeda motor di tengah fenomena persaingan yang semakin ketat yang
berdasarkan pada motivasi konsumen, kepribadian merek dan persepsi kualitas.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh motivasi konsumen,
kepribadian merek dan persepsi kualitas terhadap keputusan pembelian skutik
Yamaha.
Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 responden. Instrumen kuesioner
digunakan sebagai pengumpul data. Pengujian validitas dan reliabilitas atas indikatorindikator
dan konsep variabel tersebut menunjukan nilai validitas dan reliabilitas
yang memenuhi syarat sebagai instrument. Analisis dengan regresi linier berganda
digunakan untuk mengetahui pengaruh variabel-variabel kualitas motivasi konsumen,
kepribadian merek dan persepsi kualitas terhadap keputusan pembelian dan
menghasilkan persamaan regresi.
Hasil penelitian ini mendapatkian bahwa persamaan regresi yang terbentuk
adalah
Y = 0,266 + 0,356 + 0,297
Dimana keputusan pembelian (Y), variabel motivasi konsumen ( ),
kepribadian merek ( ), dan variabel persepsi kualitas ( ). Karena nilai koefisian
seluruhnya positif, maka hal ini berarti ketiga variabel tersebut mempunyai hubungan
yang positif sejalan terhadap variabel dependen. Pengujian hipotesis menggunakan
uji t menunjukan bahwa ketiga variabel independen yang diteliti terbukti secara
signifikan mempengaruhi keputusan pembelian. Kemudian melalui uji F dapat
diketahui bahwa secara bersama ketiga variabel tersebut mempengaruhi keputusan
pembelian. Angka adjusted R square sebesar 0,683 menunjukan bahwa variabel
independen dapat mendelaskan 68,3% persen variasi keputusan pembelian. Sisanya
31,7% dijelaskan oleh variabel lain diluar ketiga variabel yang digunakan dalam
penelitian ini.
Keywords : | Purchasing Decisions, Consumer Motivation, Brand Personality, Perceived Quality,, Keputusan Pembelian, Motivasi Konsumen, Kepribadian Merek, Persepsi Kualitas. |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Heru Prastyo |
Date Deposited: | 10 Jun 2020 05:34 |
Last Modified: | 10 Jun 2020 05:34 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/4574 |