ANALISIS PENGARUH MOTIVASI KONSUMEN, KEPRIBADIAN MEREK DAN PERSEPSI KUALITAS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SKUTIK YAMAHA (Studi pada Konsumen Skutik Yamaha di Semarang)

KAISAR, Nur Muhamad and SANTOSO, Suryono Budi,(21 June 2013), ANALISIS PENGARUH MOTIVASI KONSUMEN, KEPRIBADIAN MEREK DAN PERSEPSI KUALITAS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SKUTIK YAMAHA (Studi pada Konsumen Skutik Yamaha di Semarang). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of 16. S – Fulltext PDF Bookmarks – C2A009204.pdf] Text
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi adanya penurunan penjualan dan penurunan pangsa pasar skutik Yamaha. Penurunan penjualan ini menunjukan adanya penurunan keputusan pembelian konsumen pada produk skutik Yamaha sehingga dapat dirumuskan dalam penelitian ini bahwa bagaimana konsumen mengambil keputusan pembelian sepeda motor di tengah fenomena persaingan yang semakin ketat yang berdasarkan pada motivasi konsumen, kepribadian merek dan persepsi kualitas. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh motivasi konsumen, kepribadian merek dan persepsi kualitas terhadap keputusan pembelian skutik Yamaha. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 responden. Instrumen kuesioner digunakan sebagai pengumpul data. Pengujian validitas dan reliabilitas atas indikatorindikator dan konsep variabel tersebut menunjukan nilai validitas dan reliabilitas yang memenuhi syarat sebagai instrument. Analisis dengan regresi linier berganda digunakan untuk mengetahui pengaruh variabel-variabel kualitas motivasi konsumen, kepribadian merek dan persepsi kualitas terhadap keputusan pembelian dan menghasilkan persamaan regresi. Hasil penelitian ini mendapatkian bahwa persamaan regresi yang terbentuk adalah Y = 0,266 + 0,356 + 0,297 Dimana keputusan pembelian (Y), variabel motivasi konsumen ( ), kepribadian merek ( ), dan variabel persepsi kualitas ( ). Karena nilai koefisian seluruhnya positif, maka hal ini berarti ketiga variabel tersebut mempunyai hubungan yang positif sejalan terhadap variabel dependen. Pengujian hipotesis menggunakan uji t menunjukan bahwa ketiga variabel independen yang diteliti terbukti secara signifikan mempengaruhi keputusan pembelian. Kemudian melalui uji F dapat diketahui bahwa secara bersama ketiga variabel tersebut mempengaruhi keputusan pembelian. Angka adjusted R square sebesar 0,683 menunjukan bahwa variabel independen dapat mendelaskan 68,3% persen variasi keputusan pembelian. Sisanya 31,7% dijelaskan oleh variabel lain diluar ketiga variabel yang digunakan dalam penelitian ini.
Keywords : Purchasing Decisions, Consumer Motivation, Brand Personality, Perceived Quality,, Keputusan Pembelian, Motivasi Konsumen, Kepribadian Merek, Persepsi Kualitas.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Heru Prastyo
Date Deposited: 10 Jun 2020 05:34
Last Modified: 10 Jun 2020 05:34
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/4574

Actions (login required)

View Item
View Item