ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, HARGA, DAN KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN (Studi pada Bengkel Mobil RapiGlass Autocare Semarang)

PUTRA, Febri Tri Bramasta and RAHARDJA, Edy,(22 June 2012), ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, HARGA, DAN KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN (Studi pada Bengkel Mobil RapiGlass Autocare Semarang). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of 16. S – Fulltext PDF Bookmarks – C2A008194.pdf] Text
Restricted to Repository staff only

Download (926kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh menurunnya jumlah pelanggan bengkel mobil RapiGlass pada periode tahun 2009-2011. Menurunnya jumlah pelanggan tersebut mengindikasikan bahwa loyalitas pengguna jasa bengkel mobil RapiGlass menurun. Dengan melihat permasalahan yang ada, maka penelitian ini diarahkan untuk menganalisis bagaimana meningkatkan loyalitas dengan didukung peningkatan kualitas pelayanan, harga, dan kepuasan konsumen. Dalam penelitian ini yang digunakan adalah kriteria pelanggan tetap, yang dimaksud dengan pelanggan tetap disini adalah pengguna jasa yang sudah lebih dari dua kali menggunakan jasa Bengkel Mobil RapiGlass Semarang. Jumlah sampel adalah ditentukan berdasarkan pada perhitungan dari rumus Slovin dengan tingkat kesalahan yang ditoleransi sebesar 5%, maka akan diperoleh jumlah sampel sebanyak 89 orang. Metode analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Regresi Berganda, dimana sebelumnya dilakukan uji validitas, reliabilitas dan asumsi klasik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan, harga, dan Kepuasan pelanggan memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan.Saran penulis adalah untuk meningkatkan loyalitas pelanggan dapat dilakukan dengan cara meningkatkan Kualitas pelayanan,menjaga kepuasan pelanggan dan penetapan harga yang lebih sesuai dengan kemampuan pelanggan. Bengkel Mobil RapiGlass Semarang perlu mempertahankan elemen-elemen yang sudah dinilai baik oleh pelanggan serta perlu memperbaiki hal-hal yang masih kurang.
Keywords : service quality, price, customer satisfaction, customer loyalty, Kualitas pelayanan, harga, Kepuasan pelanggan, Loyalitas pelanggan
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Heru Prastyo
Date Deposited: 03 Jul 2020 08:56
Last Modified: 03 Jul 2020 08:56
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/5406

Actions (login required)

View Item
View Item