PUTRA, Febri Tri Bramasta and RAHARDJA, Edy,(22 June 2012), ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, HARGA, DAN KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN (Studi pada Bengkel Mobil RapiGlass Autocare Semarang). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text
Download (66kB)
Download (66kB)
Text
Download (36kB)
Download (36kB)
Text
Download (36kB)
Download (36kB)
Text
Download (43kB)
Download (43kB)
Text
Download (95kB)
Download (95kB)
Text
Restricted to Repository staff only
Download (926kB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (926kB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh menurunnya jumlah pelanggan bengkel
mobil RapiGlass pada periode tahun 2009-2011. Menurunnya jumlah pelanggan
tersebut mengindikasikan bahwa loyalitas pengguna jasa bengkel mobil RapiGlass
menurun. Dengan melihat permasalahan yang ada, maka penelitian ini diarahkan
untuk menganalisis bagaimana meningkatkan loyalitas dengan didukung
peningkatan kualitas pelayanan, harga, dan kepuasan konsumen.
Dalam penelitian ini yang digunakan adalah kriteria pelanggan tetap, yang
dimaksud dengan pelanggan tetap disini adalah pengguna jasa yang sudah lebih
dari dua kali menggunakan jasa Bengkel Mobil RapiGlass Semarang. Jumlah
sampel adalah ditentukan berdasarkan pada perhitungan dari rumus Slovin dengan
tingkat kesalahan yang ditoleransi sebesar 5%, maka akan diperoleh jumlah
sampel sebanyak 89 orang. Metode analisa data yang digunakan dalam penelitian
ini adalah Regresi Berganda, dimana sebelumnya dilakukan uji validitas,
reliabilitas dan asumsi klasik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan, harga, dan
Kepuasan pelanggan memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap
loyalitas pelanggan.Saran penulis adalah untuk meningkatkan loyalitas pelanggan
dapat dilakukan dengan cara meningkatkan Kualitas pelayanan,menjaga kepuasan
pelanggan dan penetapan harga yang lebih sesuai dengan kemampuan pelanggan.
Bengkel Mobil RapiGlass Semarang perlu mempertahankan elemen-elemen yang
sudah dinilai baik oleh pelanggan serta perlu memperbaiki hal-hal yang masih
kurang.
Keywords : | service quality, price, customer satisfaction, customer loyalty, Kualitas pelayanan, harga, Kepuasan pelanggan, Loyalitas pelanggan |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Heru Prastyo |
Date Deposited: | 03 Jul 2020 08:56 |
Last Modified: | 03 Jul 2020 08:56 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/5406 |