RAMDHANI, Muhammad Iqbal and MAGNADI, Rizal Hari,(29 September 2014), ANALISIS PERBEDAAN PERSEPSI KONSUMEN TERHADAP KUALITAS PRODUK INTERNATIONAL BRAND SPARE PART DAN LOCAL BRAND SPARE PART (Studi pada Toko Spare Part Nufi Motor Kudus). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text
Download (51kB)
Download (51kB)
Text
Download (44kB)
Download (44kB)
Text
Download (47kB)
Download (47kB)
Text
Download (54kB)
Download (54kB)
Text
Download (30kB)
Download (30kB)
Text
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya perbedaan persepsi konsumen
terhadap kualitas produk antara International Brand Spare Part dengan Local Brand Spare
Part. Penelitian ini juga bertujuan untuk menganalisis dimensi kualitas produk yang paling
dominan dalam persepsi konsumen serta dimensi yang paling membedakan antara
international brand spare part dengan local brand spare part.
Populasi yang diambil dalam penelitian ini adalah konsumen yang pernah membeli
spare part di Nufi Motor dan mengganti di Nufi Motor Kudus. Sampel yang digunakan dalam
penelitian ini sebanyak 100 responden dengan menggunakan teknik Non-probability
sampling dengan pendekatan accidental sampling (pengambilan sampel berdasarkan
kebetulan). Metode analisis yang digunakan adalah analisis kuantitatif yaitu menggunakan uji
beda wilcoxon.
Dimensi reliability merupakan faktor yang paling membedakan antara International
Brand Spare Part dengan Local Brand Spare Part, yaitu dengan Z sebesar -6,509 kemudian
diikuti dengan durability sebesar -6,300, performance sebesar -5,877, aesthetic sebesar -
5,397, conformance sebesar -4,618, fit and finish sebesar -3,606, lalu serviceability sebesar -
0,174. Pengujian hipotesis yang dilakukan menggunakan uji beda menunjukan bahwa terjadi
perbedaan persepsi konsumen terhadap kualitas produk ditinjau dari dimensi performance,
reliability, conformance, durability, aesthetic, fit and finish. Namun tidak terjadi perbedaan
persepsi konsumen terhadap kualitas produk ditinjau dari dimensi serviceability. Sedangkan
persepsi yang paling dominan berdasarkan tanggapan responden adalah conformance baik itu
dari international brand spare part dan local brand spare part.
Keywords : | consumer perceptions, quality of product, performance, reliability, conformance, durability, serviceability, aesthetic, fit and finish., persepsi konsumen, kualitas produk, performance, reliability, conformance, durability, aesthetic, fit and finish |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Yuwono Yuwono |
Date Deposited: | 03 Jul 2020 09:30 |
Last Modified: | 03 Jul 2020 09:30 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/5417 |