ANALISIS PERBEDAAN PERSEPSI KONSUMEN TERHADAP KUALITAS PRODUK INTERNATIONAL BRAND SPARE PART DAN LOCAL BRAND SPARE PART (Studi pada Toko Spare Part Nufi Motor Kudus)

RAMDHANI, Muhammad Iqbal and MAGNADI, Rizal Hari,(29 September 2014), ANALISIS PERBEDAAN PERSEPSI KONSUMEN TERHADAP KUALITAS PRODUK INTERNATIONAL BRAND SPARE PART DAN LOCAL BRAND SPARE PART (Studi pada Toko Spare Part Nufi Motor Kudus). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of 16.S-Fulltext PDF Bookmark-C2A009216.pdf] Text
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya perbedaan persepsi konsumen terhadap kualitas produk antara International Brand Spare Part dengan Local Brand Spare Part. Penelitian ini juga bertujuan untuk menganalisis dimensi kualitas produk yang paling dominan dalam persepsi konsumen serta dimensi yang paling membedakan antara international brand spare part dengan local brand spare part. Populasi yang diambil dalam penelitian ini adalah konsumen yang pernah membeli spare part di Nufi Motor dan mengganti di Nufi Motor Kudus. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 100 responden dengan menggunakan teknik Non-probability sampling dengan pendekatan accidental sampling (pengambilan sampel berdasarkan kebetulan). Metode analisis yang digunakan adalah analisis kuantitatif yaitu menggunakan uji beda wilcoxon. Dimensi reliability merupakan faktor yang paling membedakan antara International Brand Spare Part dengan Local Brand Spare Part, yaitu dengan Z sebesar -6,509 kemudian diikuti dengan durability sebesar -6,300, performance sebesar -5,877, aesthetic sebesar - 5,397, conformance sebesar -4,618, fit and finish sebesar -3,606, lalu serviceability sebesar - 0,174. Pengujian hipotesis yang dilakukan menggunakan uji beda menunjukan bahwa terjadi perbedaan persepsi konsumen terhadap kualitas produk ditinjau dari dimensi performance, reliability, conformance, durability, aesthetic, fit and finish. Namun tidak terjadi perbedaan persepsi konsumen terhadap kualitas produk ditinjau dari dimensi serviceability. Sedangkan persepsi yang paling dominan berdasarkan tanggapan responden adalah conformance baik itu dari international brand spare part dan local brand spare part.
Keywords : consumer perceptions, quality of product, performance, reliability, conformance, durability, serviceability, aesthetic, fit and finish., persepsi konsumen, kualitas produk, performance, reliability, conformance, durability, aesthetic, fit and finish
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Yuwono Yuwono
Date Deposited: 03 Jul 2020 09:30
Last Modified: 03 Jul 2020 09:30
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/5417

Actions (login required)

View Item
View Item