NUGROHO, Reza Adhi and HIDAYATI, Retno,(27 June 2011), FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEUNGGULAN BERSAING PADA MASKAPAI PENERBANGAN (Studi Pada Maskapai Penerbangan Lion Air Di Kota Semarang). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Other
Download (824kB)
Download (824kB)
Other
Download (824kB)
Download (824kB)
Other
Download (825kB)
Download (825kB)
Other
Download (824kB)
Download (824kB)
Other
Download (842kB)
Download (842kB)
Other
Restricted to Repository staff only
Download (835kB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (835kB) | Request a copy
Abstract
Seiring perkembangan dunia usaha sekarang ini, pertumbuhan di bidang perekonomian baik jasa ataupun sektor industri berkembang dengan sangat pesat. Persaingan di bisnis penerbangan makin terfragmentasi karena hadirnya pemain – pemain swasta dengan permodalan yang cukup dan strategi penetrasi bisnis yang brilian. Khususnya munculya pemain – pemain baru yang amat percaya diri dan cukup sukses mengambil positioning sebagai low cost carrier yaitu persaingan melalui rute penerbangan yang semakin mempermudah pelanggan untuk mencapai tujuan. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh rute penerbangan, kualitas pelayanan dan promosi terhadap keunggulan bersaing secara parsial dan simultan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pengguna jasa Maskapai Penerbangan Lion Air di kota Semarang, sedangkan sampelnya adalah sebesar 100 responden. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Jenis data yang digunakan adalah data primer dengan metode pengumpulan data kuesioner. Alat analisis yang dipergunakan adalah regresi berganda. Hasil dari penelitian ini adalah : Rute penerbangan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing, ini dilihat dari hasil t hitung > t tabel atau signifikasi < 0,05, artinya apabila rute penerbangan semakin banyak, maka keunggulan bersaing akan semakin meningkat. Kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing, ini dilihat dari hasil t hitung > t tabel atau signifikasi < 0,05, artinya apabila kualitas pelayanan semakin baik, maka keunggulan bersaing akan semakin meningkat. Promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing, ini dilihat dari hasil t hitung > t tabel atau signifikasi < 0,05, artinya apabila promosi semakin menarik, maka keunggulan bersaing akan semakin meningkat. Koefisien determinasi sebesar 0,586 (adjusted R Square), menunjukkan bahwa rute penerbangan (X1), kualitas pelayanan (X2), promosi (X3) mampu menjelaskan secara bersama-sama terhadap keunggulan bersaing Lion Air sebesar 58,60%, sedangkan sisanya 41,40% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.
Keywords : | flight route, service quality, promotion, competitive advantage, Rute Penerbangan, Kualitas Pelayanan, Promosi, dan Keunggulan Bersaing |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Gunawan Gunawan |
Date Deposited: | 06 Jul 2020 04:09 |
Last Modified: | 06 Jul 2020 04:09 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/5480 |