ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, HARGA DAN FASILITAS TERHADAP KEPUASAN PASIEN (Studi Pada Pasien Klinik As Syifa di Kab. Bekasi)

AJI, Wahyu Kartika and SOESANTO, Harry,(25 August 2011), ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, HARGA DAN FASILITAS TERHADAP KEPUASAN PASIEN (Studi Pada Pasien Klinik As Syifa di Kab. Bekasi). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of 16. S-Fulltext PDF Bookmarks-C2A004124.pdf] Text
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh jumlah kunjungan pasien klinik As Syifa yang masih berfluktuatif serta belum memenuhi target yang ditetapkan oleh pihak manajemen. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan, harga dan fasilitas terhadap kepuasan pasien Klinik As Syifa. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode kuesioner terhadap 100 orang responden pasien klinik As Syifa dengan mengunakan metode purposive sampling untuk mengetahui tanggapan responden terhadap variabel kualitas pelayanan, harga, fasilitas, dan kepuasan pasien. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda yang berfungsi untuk membuktikan hipotesis penelitian. Data-data yang telah memenuhi uji validitas, uji reliabilitas, dan uji asumsi klasik diolah sehingga dihasilkan persamaan regresi sebagai berikut : Y = 0,318 X 1 + 0,289 X vi 2 + 0,256 X 3 Berdasarkan hasil analisis diperoleh bahwa variabel kualitas layanan, harga, dan fasilitas mempunyai pengaruh yang positif signifikan terhadap kepuasan pasien. Nilai Adjusted R square sebesar 0,508 yang menunjukkan bahwa 50,8 persen variasi kepuasan pasien dapat dijelaskan oleh ketiga variabel independen dalam penelitian ini. Sedangkan sisanya sebesar 49,2 persen dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Keywords : service quality, price, facilities, patient satisfaction, Kualitas pelayanan, harga, fasilitas, kepuasan pasien
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Users 15 not found.
Date Deposited: 07 Jul 2020 03:42
Last Modified: 07 Jul 2020 03:42
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/5543

Actions (login required)

View Item
View Item