AJI, Wahyu Kartika and SOESANTO, Harry,(25 August 2011), ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, HARGA DAN FASILITAS TERHADAP KEPUASAN PASIEN (Studi Pada Pasien Klinik As Syifa di Kab. Bekasi). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text
Download (275kB)
Download (275kB)
Text
Download (291kB)
Download (291kB)
Text
Download (246kB)
Download (246kB)
Text
Download (299kB)
Download (299kB)
Text
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh jumlah kunjungan pasien klinik As
Syifa yang masih berfluktuatif serta belum memenuhi target yang ditetapkan oleh
pihak manajemen. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas
pelayanan, harga dan fasilitas terhadap kepuasan pasien Klinik As Syifa.
Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode
kuesioner terhadap 100 orang responden pasien klinik As Syifa dengan
mengunakan metode purposive sampling untuk mengetahui tanggapan responden
terhadap variabel kualitas pelayanan, harga, fasilitas, dan kepuasan pasien. Teknik
analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda yang
berfungsi untuk membuktikan hipotesis penelitian. Data-data yang telah
memenuhi uji validitas, uji reliabilitas, dan uji asumsi klasik diolah sehingga
dihasilkan persamaan regresi sebagai berikut :
Y = 0,318 X
1
+ 0,289 X
vi
2
+ 0,256 X
3
Berdasarkan hasil analisis diperoleh bahwa variabel kualitas layanan, harga,
dan fasilitas mempunyai pengaruh yang positif signifikan terhadap kepuasan pasien.
Nilai Adjusted R square sebesar 0,508 yang menunjukkan bahwa 50,8 persen
variasi kepuasan pasien dapat dijelaskan oleh ketiga variabel independen dalam
penelitian ini. Sedangkan sisanya sebesar 49,2 persen dijelaskan oleh variabel lain
yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Keywords : | service quality, price, facilities, patient satisfaction, Kualitas pelayanan, harga, fasilitas, kepuasan pasien |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Users 15 not found. |
Date Deposited: | 07 Jul 2020 03:42 |
Last Modified: | 07 Jul 2020 03:42 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/5543 |