ANALISIS PENGARUH EFEKTIVITAS IKLAN PESAING DAN PERILAKU MENCARI VARIASI TERHADAP PERILAKU PERPINDAHAN MEREK PADA KONSUMEN TEHBOTOL SOSRO

RAVIANY, Arma Hedita Sepala and INDRIANI, Farida,(28 April 2011), ANALISIS PENGARUH EFEKTIVITAS IKLAN PESAING DAN PERILAKU MENCARI VARIASI TERHADAP PERILAKU PERPINDAHAN MEREK PADA KONSUMEN TEHBOTOL SOSRO. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of 16. S - Fulltext PDF Bookmarks - C2A007019.pdf] Text
Restricted to Repository staff only

Download (668kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya penurunan market share TehBotol Sosro sebesar 10,7% selama 5 (lima) tahun berturut-turut yang mengindikasikan terjadinya fenomena beralihnya pengkonsumsian konsumen atas TehBotol Sosro ke minuman teh dalam kemasan siap minum merek lain. Fenomena tersebut biasa disebut brand switching. Oleh sebab itu, yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah “faktor-faktor apa sajakah yang mempengaruhi konsumen melakukan brand switching dari TehBotol Sosro ke minuman teh dalam kemasan siap minum merek lain“. Penelitian ini menguji dua variabel independen yaitu efektivitas iklan pesaing dan perilaku mencari variasi yang mempengaruhi perilaku perpindahan merek. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kedua variabel independen tersebut terhadap perilaku perpindahan merek. Penelitian ini dilakukan dengan metode kuesioner dengan menggunakan teknik purposive sampling terhadap 96 orang konsumen yang pernah mengkonsumsi Tehbotol Sosro dan telah berpindah ke minuman teh dalam kemasan siap minum merek lain. Analisis terhadap data yang diperoleh berupa analisis kuantitatif dan kualitatif. Analisis kuantitatif meliputi uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, uji regresi berganda, uji hipotesis dan uji kelayakan model melalui uji anova dan nilai adjusted R square. Analisis kualitatif merupakan interpretasi data yang diperoleh dalam penelitian serta hasil pengolahan data yang sudah dilaksanakan dengan memberi keterangan-keterangan dan penjelasan-penjelasan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini, yakni efektivitas iklan pesaing dan perilaku mencari variasi adalah layak untuk menguji variabel dependen melalui uji anova. Hasil uji t menunjukkan bahwa semua variabel independen yang diuji berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap perilaku perpindahan merek. Angka Adjusted R Square sebesar 0,5754 yang menunjukkan 57,4% variasi perilaku perpindahan merek, dapat dijelaskan oleh kedua variabel independen tersebut dan sisanya 42,5% dijelaskan oleh faktor-faktor lain di luar penelitian ini.
Keywords : brand switching behavior, effectiveness of competitor’s advertising and variety seeking behavior, perilaku perpindahan merek, efektivitas iklan pesaing dan perilaku mencari variasi
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Gunawan Gunawan
Date Deposited: 09 Jul 2020 01:30
Last Modified: 09 Jul 2020 01:30
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/5607

Actions (login required)

View Item
View Item