SANTOSO, Baharudin Yakub Didik and PARTOHARDJONO, Yohanes Sugiarto,(26 April 2016), PENGARUH ORIENTASI PASAR DAN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT TERHADAP KINERJA PEMASARAN MELALUI KEUNGGULAN BERSAING (Studi Kasus Pada Warung Makan Sekitar Alun-alun Di Kota Sragen). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text
Download (340kB)
Download (340kB)
Text
Download (241kB)
Download (241kB)
Text
Download (241kB)
Download (241kB)
Text
Download (247kB)
Download (247kB)
Text
Download (246kB)
Download (246kB)
Text
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Kinerja pemasaran merupakan ukuran prestasi yang diperoleh dari aktifitas proses pemasaran secara menyeluruh dari sebuah perusahaan atau organisasi. Kinerja perusahaan ini dapat dinilai dengan membandingkan pencapaian perusahaan dengan target yang telah ditetapkan atau dengan kinerja beberapa perusahaan di industri yang sama. Banyak faktor dapat mempengaruhi kinerja pemasaran, seperti orientasi pasar, customer relationship management dan keunggulan bersaing. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh orientasi pasar dan customer relationship management terhadap kinerja pemasaran dengan keunggulan bersaing sebagai intervening. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah penjual makanan di warung makan sekitar alun-alun di kota Sragen yang berjumlah 60 penjual warung makanan. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik sensus atau sampel jenuh. Jenis datanya adalah primer. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : Orientasi pasar berpengaruh terhadap keunggulan bersaing. Customer relationship management berpengaruh terhadap keunggulan bersaing. Orientasi pasar berpengaruh terhadap kinerja pemasaran. Customer relationship management berpengaruh terhadap kinerja pemasaran. Keunggulan bersaing berpengaruh terhadap kinerja pemasaran. Keunggulan bersaing menjadi variabel yang memediasi orientasi pasar terhadap kinerja pemasaran. Keunggulan bersaing menjadi variabel yang memediasi customer relationship management terhadap kinerja pemasaran
Keywords : | Market Orientation, Customer Relationship Management, Competitive Advantage, Performance Marketing, Orientasi Pasar, Customer Relationship Management, Keunggulan Bersaing, Kinerja Pemasaran |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Mohamad Sulamul Hadi |
Date Deposited: | 09 Jul 2020 08:53 |
Last Modified: | 09 Jul 2020 08:53 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/5669 |