ANALISIS PENGARUH EKUITAS MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR (Studi pada pelanggan PT Yamaha Agung Motor Semarang)

WIRASTOMO, Wahyu Arti and SUDARYANTO, Budi,(17 September 2012), ANALISIS PENGARUH EKUITAS MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR (Studi pada pelanggan PT Yamaha Agung Motor Semarang). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of 1. S - Cover - C2A008150.pdf] Text - Published Version
Download (765kB)
[thumbnail of 4. S - Abstrak (Inggris) - C2A008150.pdf] Text - Published Version
Download (753kB)
[thumbnail of 5. S - Abstrak (Indonesia) - C2A008150.pdf] Text - Published Version
Download (753kB)
[thumbnail of 6. S - Daftar Isi - C2A008150.pdf] Text - Published Version
Download (754kB)
[thumbnail of 12. S - Daftar Pustaka - C2A008150.pdf] Text - Published Version
Download (865kB)
[thumbnail of 16. S - Fulltext PDF Bookmarks - C2A008150.pdf] Text
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi persaingan dalam pasar sepeda motor yang dikuasai oleh empat perusahaan besar yaitu Honda, Yamaha, Suzuki, dan Kawasaki yang memengang kendali penuh atas pasar sepeda motor di Indonesia. Secara khusus, penelitian ini mengulas bagaimana cara yang dilakukan Yamaha untuk meningkatkan penjualan sepeda motor Yamaha yang saat ini masih dikuasai oleh Honda. Adapun masalah penelitian ini adalah ”apakah elemen-elemen ekuitas merek (brand equity) pada sepeda motor merek Yamaha dapat mempengaruhi keputusan pembelian konsumen pada sepeda motor merek Yamaha di PT Yamaha Agung Motor Semarang?”. Penelitian ini secara khusus menguji elemen-elemen ekuitas merek yang terdiri dari kesadaran merek, persepsi kualitas, asosiasi merek, dan loyalitas merek. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis pengaruh keempat elemen ekuitas merek tersebut terhadap keputusan pembelian konsumen pada sepeda motor merek Yamaha. Penelitian ini dilakukan dengan metode kuesioner terhadap 100 konsumen PT Yamaha Agung Motor Semarang yang diperoleh dengan menggunakan teknik accidental sampling. Kemudian dilakukan analisis terhadap data-data yang diperoleh berupa analisis kuantitatif dan kualitatif. Analisis kuantitatif meliputi uji validitas dan uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, uji Goodness of Fit melalui koefisien regresi (R2), uji F, dan uji t. Analisis kualitatif merupakan interpretasi data yang diperoleh dalam penelitian serta hasil pengolahan data yang sudah dilaksanakan dengan memberi keterangan dan penjelasan. Data-data yang telah memenuhi uji validitas, reliabilitas, dan uji asumsi klasik diolah sehingga menghasilkan persamaan regresi sebagai berikut: Y = 0,194 X1 + 0,194 X2 + 0220 X3+ 0,360 X4 Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa semua variabel independen yang diuji berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pelanggan melalui uji F dan uji t, sedangkan angka Adjusted R Square sebesar 0,436 menunjukkan 43,6% variasi keputusan pelanggan PT Yamaha Agung Motor Semarang yang dapat dijelaskan oleh keempat variabel independen tersebut, dimana sisanya 56,4% dijelaskan oleh faktor-faktor lain di luar penelitian ini.
Keywords : Consumer’s Buying Decision, Brand Awareness, Perceived Quality, Brand Association, Brand Loyalty, keputusan pembelian konsumen, kesadaran merek, persepsi kualitas, asosiasi merek, loyalitas merek.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Arief Eryka Zendy
Date Deposited: 10 Jul 2020 07:11
Last Modified: 10 Jul 2020 07:11
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/5696

Actions (login required)

View Item
View Item