AMADOR, Abror Aflah and WIDIYANTO, Ibnu,(25 April 2012), PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP SIKAP KONSUMEN DAN IMPLIKASINYA TERHADAP MINAT BELI ULANG (Studi Kasus pada Semerbak Coffee Tembalang Semarang). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text
Download (22kB)
Download (22kB)
Text
Download (21kB)
Download (21kB)
Text
Download (21kB)
Download (21kB)
Text
Download (27kB)
Download (27kB)
Text
Download (229kB)
Download (229kB)
Text
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh
kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap sikap konsumen ,kemudian
seberapa besar pengaruh sikap konsumen itu sendiri terhadap minat beli ulang
konsumen pada Semerbak Coffee tembalang Semarang. Penelitian ini dilakukan
berdasar observasi awal di lapangan dan data-data internal perusahaan,kemudian
di dapatkan sebuah masalah bahwa terjadi fluktuatif jumlah minat beli ulang
konsumen di Semerbak Coffee Tembalang Semarang.
Sampel penelitian yang digunakan sebanyak 100 responden dengan
metode non-probability sampling dengan teknik convenience sampling. Penelitian
dilakukan dengan pembagian kuesioner yang berisi pertanyaan terbuka dan
tertutup. Analisis ini meliputi: uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik,
analisis regresi berganda, pengujian hipotesis melalui uji t dan uji F, serta analisis
koefisien determinasi (R
2
). Dari analisis tersebut diperoleh hasil regresi : 1).
Kualitas produk berpengaruh signifikan ,dengan koefisien regresi sebesar 0,288
terhadap sikap konsumen. 2). Kualitas pelayanan berpengaruh signifikan ,dengan
koefisien regresi sebesar 0,443 terhadap sikap konsumen. 3). Sikap Konsumen
berpengaruh signifikan ,dengan koefisien regresi sebesar 0,489 terhadap minat
beli ulang.
Pengujian hipotesis menggunakan uji t menunjukkan bahwa kedua
variabel independen kualitas produk dan kualitas pelayanan yang diteliti masingmasing
terbukti secara signifikan mempengaruhi variabel dependen sikap
konsumen,dan variabel sikap konsumen terbukti secara signifikan mempengaruhi
variabel dependen minat beli ulang. Kemudian melalui uji F menunjukkan bahwa
kedua variabel independen kualitas produk dan kualitas pelayanan yang diteliti
terbukti secara signifikan secara bersama-sama mempengaruhi variabel dependen
sikap konsumen,dan variabel sikap konsumen terbukti secara signifikan
mempengaruhi variabel dependen minat beli ulang. Adjusted R Square pada sikap
konsumen, diperoleh sebesar 0,337. Hal ini berarti 33,7 % variabel sikap
konsumen dapat dijelaskan oleh variabel kualitas produk dan kualitas pelayanan.
Sedangkan sisanya 66,3 % variabel sikap konsumen dapat dijelaskan oleh
variabel-variabel lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Adjusted R
Square pada minat beli ulang, diperoleh sebesar 0,231. Hal ini berarti 23,1 %
variabel minat beli ulang dapat dijelaskan oleh variabel sikap konsumen.
Sedangkan sisanya 76,9 % dapat dijelaskan oleh variabel-variabel lainnya yang
tidak diteliti dalam penelitian ini.
Hasil menunjukkan bahwa kualitas produk dan kualitas pelayanan
mempengaruhi sikap konsumen dan sikap konsumen mempengaruhi minat beli
ulang. Dengan demikian, dengan menjaga dan meningkatkan kualias produk dan
kualitas pelayanan di Semerbak Coffee Tembalang , maka akan terbentuk sikap
konsumen yang positif dimana akan mempengaruhi minat beli ulang konsumen di
Semerbak Coffee Tembalang Semarang.
Keywords : | Quality Products, Services, Consumer Attitudes and Interests Buy Birthday, Kualitas Produk, Pelayanan, Sikap Konsumen dan Minat Beli Ulang |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Heru Prastyo |
Date Deposited: | 13 Jul 2020 07:33 |
Last Modified: | 13 Jul 2020 07:33 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/5764 |