PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP SIKAP KONSUMEN DAN IMPLIKASINYA TERHADAP MINAT BELI ULANG (Studi Kasus pada Semerbak Coffee Tembalang Semarang)

AMADOR, Abror Aflah and WIDIYANTO, Ibnu,(25 April 2012), PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP SIKAP KONSUMEN DAN IMPLIKASINYA TERHADAP MINAT BELI ULANG (Studi Kasus pada Semerbak Coffee Tembalang Semarang). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of 16. S – Fulltext PDF Bookmarks – C2A006002.pdf] Text
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap sikap konsumen ,kemudian seberapa besar pengaruh sikap konsumen itu sendiri terhadap minat beli ulang konsumen pada Semerbak Coffee tembalang Semarang. Penelitian ini dilakukan berdasar observasi awal di lapangan dan data-data internal perusahaan,kemudian di dapatkan sebuah masalah bahwa terjadi fluktuatif jumlah minat beli ulang konsumen di Semerbak Coffee Tembalang Semarang. Sampel penelitian yang digunakan sebanyak 100 responden dengan metode non-probability sampling dengan teknik convenience sampling. Penelitian dilakukan dengan pembagian kuesioner yang berisi pertanyaan terbuka dan tertutup. Analisis ini meliputi: uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, pengujian hipotesis melalui uji t dan uji F, serta analisis koefisien determinasi (R 2 ). Dari analisis tersebut diperoleh hasil regresi : 1). Kualitas produk berpengaruh signifikan ,dengan koefisien regresi sebesar 0,288 terhadap sikap konsumen. 2). Kualitas pelayanan berpengaruh signifikan ,dengan koefisien regresi sebesar 0,443 terhadap sikap konsumen. 3). Sikap Konsumen berpengaruh signifikan ,dengan koefisien regresi sebesar 0,489 terhadap minat beli ulang. Pengujian hipotesis menggunakan uji t menunjukkan bahwa kedua variabel independen kualitas produk dan kualitas pelayanan yang diteliti masingmasing terbukti secara signifikan mempengaruhi variabel dependen sikap konsumen,dan variabel sikap konsumen terbukti secara signifikan mempengaruhi variabel dependen minat beli ulang. Kemudian melalui uji F menunjukkan bahwa kedua variabel independen kualitas produk dan kualitas pelayanan yang diteliti terbukti secara signifikan secara bersama-sama mempengaruhi variabel dependen sikap konsumen,dan variabel sikap konsumen terbukti secara signifikan mempengaruhi variabel dependen minat beli ulang. Adjusted R Square pada sikap konsumen, diperoleh sebesar 0,337. Hal ini berarti 33,7 % variabel sikap konsumen dapat dijelaskan oleh variabel kualitas produk dan kualitas pelayanan. Sedangkan sisanya 66,3 % variabel sikap konsumen dapat dijelaskan oleh variabel-variabel lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Adjusted R Square pada minat beli ulang, diperoleh sebesar 0,231. Hal ini berarti 23,1 % variabel minat beli ulang dapat dijelaskan oleh variabel sikap konsumen. Sedangkan sisanya 76,9 % dapat dijelaskan oleh variabel-variabel lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Hasil menunjukkan bahwa kualitas produk dan kualitas pelayanan mempengaruhi sikap konsumen dan sikap konsumen mempengaruhi minat beli ulang. Dengan demikian, dengan menjaga dan meningkatkan kualias produk dan kualitas pelayanan di Semerbak Coffee Tembalang , maka akan terbentuk sikap konsumen yang positif dimana akan mempengaruhi minat beli ulang konsumen di Semerbak Coffee Tembalang Semarang.
Keywords : Quality Products, Services, Consumer Attitudes and Interests Buy Birthday, Kualitas Produk, Pelayanan, Sikap Konsumen dan Minat Beli Ulang
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Heru Prastyo
Date Deposited: 13 Jul 2020 07:33
Last Modified: 13 Jul 2020 07:33
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/5764

Actions (login required)

View Item
View Item