AL BANNA, Mohammad Gezah and MUDIANTONO, Mudiantono,(28 May 2012), ANALISIS PENGARUH MOTIVASI PELANGGAN, HARGA, DAN KELOMPOK ACUAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DI MULAWARMAN FUTSAL, BANYUMANIK, SEMARANG. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text
Download (67kB)
Download (67kB)
Text
Download (39kB)
Download (39kB)
Text
Download (39kB)
Download (39kB)
Text
Download (44kB)
Download (44kB)
Text
Download (97kB)
Download (97kB)
Text
Restricted to Repository staff only
Download (655kB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (655kB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya persaingan di bidang olahraga berupa
penyediaan lapangan sepak bola mini atau futsal. Keberadaan lapangan futsal mendapat
tempat tersendiri dikalangan masyarakat terutama masyarakat yang mempunyai
kesenangan bermain sepak bola ditengah bangunan perumahan dan penat nya beban
pekerjaan yang membuat masyarakat mencari penyegaran melalui bermain futsal. Secara
tidak langsung kondisi seperti ini dapat meningkatkan persaingan di antara lapangan
futsal dalam hal menyediakan tempat yang terbaik untuk dapat memenuhi kebutuhan
konsumen dan memperoleh keuntungan yang maksimal. Secara khusus peneliti memilih
Mulawarman Futsal, Banyumanik Semarang.
Penelitian ini dilakukan pada Mulawarman Futsal Banyumanik Semarang.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari 3 dimensi Motivasi Konsumen,
Harga, dan Kelompok Acuan terhadap Loyalitas Pelanggan pada saat bermain di
Mulawarman Futsal Banyumanik Semarang. Dalam penelitian ini data dikumpulkan
dengan kuesioner terhadap 75 orang responden, yang bertujuan untuk mengetahui
tanggapan responden terhadap masing – masing variabel. Analisis yang digunakan
meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik (multikolinearitas, normalitas,
heteroskedastisitas), analisis regresi linear berganda, uji goodness of fit (uji F, uji t,
koefisien determinasi).
Berdasarkan uji t, Motivasi Pelanggan paling berpengaruh pertama dengan
diperoleh hasil berupa nilai koefisien sebesar 6,921 serta signifikasi sebesar 0,000 oleh
karena itu dapat dikatakan bahwa motivasi pelanggan berpengaruh positif dan signifikan
terhadap loyalitas pelanggan. Berpengaruh kedua adalah Harga dengan diperoleh hasil
berupa nilai koefisien sebesar 2,286 serta signifikasi sebesar 0,025 oleh karena itu dapat
dikatakan bahwa harga berpengaruh positif dan signifikasi terhadap loyalitas pelanggan.
Berpengaruh ketiga adalah Kelompok Acuan dengan diperoleh hasil berupa nilai
koefisien sebesar 2,222 serta signifikasi sebesar 0,029 oleh karena itu dapat dikatakan
bahwa kelompok acuan berpengaruh positif dan signifikasi terhadap loyalitas. Dari hasil
analisis menggunakan regresi dapat diketahui bahwa variabel Motivasi Konsumen,
Harga, dan Kelompok Acuan semuanya berpengaruh positif dan signifikan terhadap
Loyalitas Pelanggan dalam bermain di Mulawarman Futsal Banyumanik Semarang.
Dengan pengaruh sebesar 60,8% sedangkan 39,2% lainya dipengaruhi oleh variabel lain.
Keywords : | Consumer Motivation, Price, Reference Group, Customer Loyalty, Motivasi Konsumen, Harga, Kelompok Acuan, Loyalitas Pelanggan |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Heru Prastyo |
Date Deposited: | 13 Jul 2020 07:55 |
Last Modified: | 13 Jul 2020 07:55 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/5765 |