HANGGADHIKA, Hardian and PAMUNGKAS, Oktavianus,(12 May 2010), ANALISIS PENGARUH EKUITAS MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA PRODUK HANDPHONE MEREK NOKIA DI SEMARANG. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text
Download (142kB)
Download (142kB)
Text
Download (106kB)
Download (106kB)
Text
Download (147kB)
Download (147kB)
Text
Download (128kB)
Download (128kB)
Text
Download (134kB)
Download (134kB)
Text
Restricted to Repository staff only
Download (900kB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (900kB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh timbulnya fenomena persaingan antar
merek-merek lama dan kemunculan berbagai merek-merek baru yang meramaikan
persaingan pasar khususnya untuk kategori produk handphone. Secara khusus,
penelitian ini mengulas upaya yang dilakukan Nokia untuk mempertahankan
posisinya sebagai market leader dengan cara membentuk dan meningkatkan ekuitas
merek sekuat mungkin, karena ekuitas merek yang kuat dapat mendorong konsumen
untuk melakukan keputusan pembelian bahkan pembelian ulang pada produk
tersebut. Adapun masalah penelitian ini adalah ”apakah elemen-elemen ekuitas merek
(brand equity) pada produk handphone merek Nokia dapat mempengaruhi keputusan
pembelian konsumen pada produk handphone merek Nokia?”. Penelitian ini secara
khusus menguji elemen-elemen ekuitas merek yang terdiri dari kesadaran merek,
persepsi kualitas, asosiasi merek, dan loyalitas merek. Tujuan dari penelitian ini
adalah menganalisis pengaruh keempat elemen ekuitas merek tersebut terhadap
keputusan pembelian konsumen pada produk handphone merek Nokia.
Setelah dilakukan tinjauan pustaka dan penyusunan hipotesis, data
dikumpulkan melalui metode kuesioner dengan menggunakan teknik purposive
sampling terhadap 100 orang responden yang pernah melakukan keputusan
pembelian pada produk handphone merek Nokia. Sedangkan populasi yang dijadikan
responden dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas
Diponegoro Semarang. Kemudian dilakukan analisis terhadap data yang diperoleh
dengan menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif. Analisis kuantitatif meliputi
uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, pengujian
hipotesis melalui uji t dan uji F, serta analisis koefisien determinasi (R2). Analisis
kualitatif merupakan interpretasi dari data-data yang diperoleh dalam penelitian serta
hasil pengolahan data yang sudah dilaksanakan dengan memberi keterangan dan
penjelasan.
Data-data yang telah memenuhi uji validitas, uji reliabilitas, dan uji asumsi
klasik tersebut diolah sehingga menghasilkan persamaan regresi sebagai berikut :
Y = 0,212 X1 + 0,262 X2 + 0,189 X3 + 0,324 X4
Dimana variabel Keputusan Pembelian (Y), Kesadaran Merek (X1), Persepsi Kualitas
(X2), Asosiasi Merek (X3), dan Loyalitas Merek (X4). Pengujian hipotesis
menggunakan uji t menunjukkan bahwa keempat veriabel independen yang diteliti
terbukti secara signifikan mempengaruhi variabel dependen Keputusan Pembelian.
Kemudian melalui uji F dapat diketahui bahwa seluruh variabel independen memang
layak untuk menguji variabel depanden Keputusan Pembelian. Angka Adjusted R
Square sebesar 0,623 menunjukkan bahwa sebesar 62,3 persen variasi Keputusan
Pembelian dapat dijelaskan oleh keempat variabel independen dalam persamaan
regresi. Sedangkan sisanya sebesar 37,7 persen dijelaskan oleh variabel lain diluar
keempat variabel yang digunakan dalam penelitian ini.
Keywords : | Consumer’s Buying Decision, Brand Awareness, Perceived Quality, Brand Association, Brand Loyalty, keputusan pembelian konsumen, kesadaran merek, persepsi kualitas, asosiasi merek, loyalitas merek. |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Yuwono Yuwono |
Date Deposited: | 15 Jul 2020 07:47 |
Last Modified: | 15 Jul 2020 07:47 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/5855 |