ANALISIS PENGARUH FAKTOR-FAKTOR PSIKOLOGI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PONSEL NOKIA DI SEMARANG

FARIQOH, Hikmatul and ASTUTI, Sri Rahayu Tri,(7 April 2011), ANALISIS PENGARUH FAKTOR-FAKTOR PSIKOLOGI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PONSEL NOKIA DI SEMARANG. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of 1. S - Cover - C2A007061.pdf] Text - Published Version
Download (87kB)
[thumbnail of 4. S - Abstrak (Inggris) - C2A007061.pdf] Text - Published Version
Download (142kB)
[thumbnail of 5. S - Abstrak (Indonesia) - C2A007061.pdf] Text - Published Version
Download (142kB)
[thumbnail of 6. S - Daftar Isi - C2A007061.pdf] Text - Published Version
Download (142kB)
[thumbnail of 12. S - Daftar Pustaka - C2A007061.pdf] Text - Published Version
Download (315kB)
[thumbnail of 16. S - Fulltext PDF Bookmarks - C2A007061.pdf] Text
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pada tahun- tahun terakhir, persaingan dalam dunia bisnis semakin kompetitif, hal ini dipicu oleh maraknya issu perdagangan bebas. Merek-merek produk asing sering kali sangat mudah dijumpai di pasaran Indonesia. Apalagi produk-produk dengan teknologi tinggi yang sebagian besar berasal dari produk asing, termasuk ponsel (hand phone). Nokia, sebagai market leader ponsel di Indonesia mengalami penurunan pangsa pasar akibat datangnya para pendatang baru, antara lain ponsel dari Cina dengan harga yang relative murah dengan fitur yang beragam hingga ponselponsel pendatang dengan harga yang lumayan mahal seperti Black Berry dari RIM maupun iPhone produksi Apple dengan segmen menengah ke atas. Agar tetap mendapatkan tempat di hati para konsumen, Nokia telah melakukan tindakan agar konsumen tetap melakukan keputusan pembelian terhadap ponsel Nokia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh faktor motif pembelian, persepsi kualitas produk, dan sikap merek terhadap keputusan pembelian ponsel merek Nokia. Satuan unit/obyek analisis penelitian ini adalah konsumen atau pembeli dan pengguna Nokia di Kawasan Semarang. Responden yang terlibat dalam penelitian ini sebanyak 100 sampel, metode yang digunakan adalah non probability sampling, yaitu accidental sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebar kuesioner dan metode analisis data dilakukan dengan regresi linier berganda menggunakan software SPSS. Hasil uji regresi menunjukkan bahwa variable motivasi berpengarug positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian terhadap ponsel Nokia sebesar 0,282. Variabel sikap terhadap merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian sebesar 0,351. Nilai koefisien determinasi adalah sebesar 0,275, hal ini berarti keputusan pembelian dipengaruhi oleh variable motif pembelian, persepsikualitas produk, sikap terhadap merek sebesar 27,5%, sedangkan sisanya yaitu 72,5% dapat dijelaskan oleh variable- variable lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Keywords : motivation, perception, consumer’s attitude and purchasing decision, motif pembelian, persepsi kualitas produk, sikap terhadap merek, dan keputusan pembelian
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Arief Eryka Zendy
Date Deposited: 15 Jul 2020 08:08
Last Modified: 15 Jul 2020 08:08
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/5859

Actions (login required)

View Item
View Item