FARIQOH, Hikmatul and ASTUTI, Sri Rahayu Tri,(7 April 2011), ANALISIS PENGARUH FAKTOR-FAKTOR PSIKOLOGI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PONSEL NOKIA DI SEMARANG. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text
- Published Version
Download (87kB)
Download (87kB)
Text
- Published Version
Download (142kB)
Download (142kB)
Text
- Published Version
Download (142kB)
Download (142kB)
Text
- Published Version
Download (142kB)
Download (142kB)
Text
- Published Version
Download (315kB)
Download (315kB)
Text
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Pada tahun- tahun terakhir, persaingan dalam dunia bisnis semakin kompetitif,
hal ini dipicu oleh maraknya issu perdagangan bebas. Merek-merek produk asing
sering kali sangat mudah dijumpai di pasaran Indonesia. Apalagi produk-produk
dengan teknologi tinggi yang sebagian besar berasal dari produk asing, termasuk
ponsel (hand phone). Nokia, sebagai market leader ponsel di Indonesia mengalami
penurunan pangsa pasar akibat datangnya para pendatang baru, antara lain ponsel dari
Cina dengan harga yang relative murah dengan fitur yang beragam hingga ponselponsel
pendatang dengan harga yang lumayan mahal seperti Black Berry dari RIM
maupun iPhone produksi Apple dengan segmen menengah ke atas. Agar tetap
mendapatkan tempat di hati para konsumen, Nokia telah melakukan tindakan agar
konsumen tetap melakukan keputusan pembelian terhadap ponsel Nokia.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh faktor motif pembelian,
persepsi kualitas produk, dan sikap merek terhadap keputusan pembelian ponsel
merek Nokia. Satuan unit/obyek analisis penelitian ini adalah konsumen atau pembeli
dan pengguna Nokia di Kawasan Semarang. Responden yang terlibat dalam
penelitian ini sebanyak 100 sampel, metode yang digunakan adalah non probability
sampling, yaitu accidental sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebar
kuesioner dan metode analisis data dilakukan dengan regresi linier berganda
menggunakan software SPSS.
Hasil uji regresi menunjukkan bahwa variable motivasi berpengarug positif
dan signifikan terhadap keputusan pembelian terhadap ponsel Nokia sebesar 0,282.
Variabel sikap terhadap merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan
pembelian sebesar 0,351. Nilai koefisien determinasi adalah sebesar 0,275, hal ini
berarti keputusan pembelian dipengaruhi oleh variable motif pembelian,
persepsikualitas produk, sikap terhadap merek sebesar 27,5%, sedangkan sisanya
yaitu 72,5% dapat dijelaskan oleh variable- variable lainnya yang tidak diteliti dalam
penelitian ini.
Keywords : | motivation, perception, consumer’s attitude and purchasing decision, motif pembelian, persepsi kualitas produk, sikap terhadap merek, dan keputusan pembelian |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Arief Eryka Zendy |
Date Deposited: | 15 Jul 2020 08:08 |
Last Modified: | 15 Jul 2020 08:08 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/5859 |