SUHARTINI, Suhartini and RAHARDJO, Susilo Toto,(20 June 2011), ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MOTIF BELANJA SECARA ONLINE DI KOMUNITAS KASKUS SEMARANG. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text
- Published Version
Download (117kB)
Download (117kB)
Text
- Published Version
Download (63kB)
Download (63kB)
Text
- Published Version
Download (65kB)
Download (65kB)
Text
- Published Version
Download (62kB)
Download (62kB)
Text
- Published Version
Download (65kB)
Download (65kB)
Text
Restricted to Repository staff only
Download (828kB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (828kB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh timbulnya fenomena belanja online
baik melalui online shop ataupun dari jejaring sosial. Secara khusus, penelitian ini
mengulas belanja online melalui forum jual beli kaskus. Perkembangan pengguna
internet mendorong adanya suatu potensi besar terciptanya online shopping,
menurut data setiap tahunnya terjadi peningkatan signifikan pemakai dan
pelanggan internet bahwa pengguna internet di Asia terbanyak adalah China
dengan penetrasi pengguna internet sebesar 28,7%, Jepang sebesar 75,5%, India
sebesar 7.0% dan Indonesia menempati urutan ke-5 sebesar 12,5%, sehingga
masyarakat Indonesia memiliki keinginan yang sangat besar untuk melakukan
pembelian secara online.
Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh
pengetahuan teknologi internet, kepercayaan konsumen,kualitas website dan
kualitas produk terhadapa motif belanja secara online. Penelitian ini dilakukan
terhadap konsumen belanja online di forum jual beli kaskus dan jumlah sampel
yang ditetapkan sebanyak 100 responden dengan menggunakan metode
Purposive Sampling. Metode analisis yang digunakan adalah analisis kuantitatif
dan analisis kualitatif. Data yang telah memenuhi uji validitas, uji reliabilitas, dan
uji asumsi klasik diolah sehingga menghasilkan persamaan regresi sebagai
berikut:
Y = 0.300 X1 + 0,358 X2 + 0,335 X3 + 0,017 X4
Dimana variabel motif belanja secara online (Y), pengetahuan teknologi
internet (X1), kepercayaan konsumen (X2), kualitas website (X3), dan kualitas
produk (X4). Pengujian hipotesis menggunakan uji t menunjukkan bahwa keempat
variabel independen yang diteliti terbukti secara signifikan mempengaruhi
variabel dependen motif belanja secara online. Kemudian melalui uji F dapat
diketahui bahwa keempat variabel memang layak untuk menguji variabel
dependen keputusan perpindahan merek. Angka Adjusted R Square sebesar 0,695
menunujukkan bahwa 69,5 persen variasi motif belanja secara online dapat
dijelaskan oleh keempat variabel independen dalam persamaan regresi. Sedangkan
sisanya sebesar 30,5 persen dijelaskan oleh variabel lain diluar keempat variabel
yang digunakan dalam penelitian ini.
Keywords : | online shopping motives, knowledge of Internet technology, consumer confidence, quality website, quality products., motif belanja secara online,pengetahuan teknologi internet, kepercayaan konsumen, kualitas website,kualitas produk. |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Arief Eryka Zendy |
Date Deposited: | 16 Jul 2020 08:33 |
Last Modified: | 16 Jul 2020 08:33 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/5920 |