ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MOTIF BELANJA SECARA ONLINE DI KOMUNITAS KASKUS SEMARANG

SUHARTINI, Suhartini and RAHARDJO, Susilo Toto,(20 June 2011), ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MOTIF BELANJA SECARA ONLINE DI KOMUNITAS KASKUS SEMARANG. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of 1. S - Cover - C2A005130.pdf] Text - Published Version
Download (117kB)
[thumbnail of 4. S - Abstrak (Inggris) - C2A005130.pdf] Text - Published Version
Download (63kB)
[thumbnail of 5. S - Abstrak (Indonesia) - C2A005130.pdf] Text - Published Version
Download (65kB)
[thumbnail of 6. S - Daftar Isi - C2A005130.pdf] Text - Published Version
Download (62kB)
[thumbnail of 12. S - Daftar Pustaka - C2A005130.pdf] Text - Published Version
Download (65kB)
[thumbnail of 16. S - Fulltext PDF Bookmarks - C2A005130.pdf] Text
Restricted to Repository staff only

Download (828kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh timbulnya fenomena belanja online baik melalui online shop ataupun dari jejaring sosial. Secara khusus, penelitian ini mengulas belanja online melalui forum jual beli kaskus. Perkembangan pengguna internet mendorong adanya suatu potensi besar terciptanya online shopping, menurut data setiap tahunnya terjadi peningkatan signifikan pemakai dan pelanggan internet bahwa pengguna internet di Asia terbanyak adalah China dengan penetrasi pengguna internet sebesar 28,7%, Jepang sebesar 75,5%, India sebesar 7.0% dan Indonesia menempati urutan ke-5 sebesar 12,5%, sehingga masyarakat Indonesia memiliki keinginan yang sangat besar untuk melakukan pembelian secara online. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pengetahuan teknologi internet, kepercayaan konsumen,kualitas website dan kualitas produk terhadapa motif belanja secara online. Penelitian ini dilakukan terhadap konsumen belanja online di forum jual beli kaskus dan jumlah sampel yang ditetapkan sebanyak 100 responden dengan menggunakan metode Purposive Sampling. Metode analisis yang digunakan adalah analisis kuantitatif dan analisis kualitatif. Data yang telah memenuhi uji validitas, uji reliabilitas, dan uji asumsi klasik diolah sehingga menghasilkan persamaan regresi sebagai berikut: Y = 0.300 X1 + 0,358 X2 + 0,335 X3 + 0,017 X4 Dimana variabel motif belanja secara online (Y), pengetahuan teknologi internet (X1), kepercayaan konsumen (X2), kualitas website (X3), dan kualitas produk (X4). Pengujian hipotesis menggunakan uji t menunjukkan bahwa keempat variabel independen yang diteliti terbukti secara signifikan mempengaruhi variabel dependen motif belanja secara online. Kemudian melalui uji F dapat diketahui bahwa keempat variabel memang layak untuk menguji variabel dependen keputusan perpindahan merek. Angka Adjusted R Square sebesar 0,695 menunujukkan bahwa 69,5 persen variasi motif belanja secara online dapat dijelaskan oleh keempat variabel independen dalam persamaan regresi. Sedangkan sisanya sebesar 30,5 persen dijelaskan oleh variabel lain diluar keempat variabel yang digunakan dalam penelitian ini.
Keywords : online shopping motives, knowledge of Internet technology, consumer confidence, quality website, quality products., motif belanja secara online,pengetahuan teknologi internet, kepercayaan konsumen, kualitas website,kualitas produk.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Arief Eryka Zendy
Date Deposited: 16 Jul 2020 08:33
Last Modified: 16 Jul 2020 08:33
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/5920

Actions (login required)

View Item
View Item