PRASETYO, Huda Faturuddin and ADITYAWARMAN, Adityawarman,(18 September 2019), PENGARUH LABEL HALAL TERHADAP KESEDIAAN UNTUK MEMBAYAR PRODUK JAPANESE FOOD : PENILAIAN PERMINTAAN SERTIFIKASI HALAL DI NEGARA MUSLIM (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro Semarang Tahun 2019). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text
- Published Version
Download (36kB)
Download (36kB)
Text
- Published Version
Download (146kB)
Download (146kB)
Text
- Published Version
Download (149kB)
Download (149kB)
Text
- Published Version
Download (43kB)
Download (43kB)
Text
- Published Version
Download (591kB)
Download (591kB)
Text
Restricted to Repository staff only
Download (5MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (5MB) | Request a copy
Abstract
Restoran masakan Jepang mengalami perkembangan yang pesat semenjak tahun 2000an di Indonesia. Namun, masakan Jepang mengandung bahan baku maupun proses yang tidak terjamin kehalalannya. Semakin berkembangnya bisnis makanan Jepang ini membuat beberapa restoran masakan Jepang mengganti bahan baku non-halalnya menjadi bahan-bahan yang halal agar dapat dikonsumsi masyarakat muslim di Indonesia. Berdasarkan penelitian Ahmad dkk (2018) Perhatian terhadap halal, religiusitas, persepsi kegunaan halal dan bahan produk berpengaruh signifikan terhadap WTP untuk makanan halal. Penelitian Rr Chyntia Ramadhani Febrita (2013) Pendapatan, keamanan produk dan gaya hidup berpengaruh signifikan terhadap WTP pada beras organik
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh persepsi kegunaan halal, perhatian pada halal, sikap, religiusitas dan bahan produk terhadap kesediaan untuk membayar Japanese food dan tingkat permintaan sertifikasi halal Japanese Food pada Mahasiswa dan Mahasiswi Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro Semarang Tahun 2019. Penelitian ini menggunakan metode kuantitafif dengan analisis Regresi Linear Berganda dengan menggunakan bantuan program komputer yaitu SPSS (Statistical Package For Social Science) versi 16. Data diperoleh melalui kuesioner yang disebarkan kepada mahasiswa dan mahasiswi Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro Tahun 2019.
Penelitian ini memiliki lima variabel independen yaitu, Persepsi kegunaan halal, produk makanan halal, sikap, religiusitas, dan bahan-bahan produk makanan yang halal, dan dua variabel dependen yaitu, kesediaan untuk membayar dan tingkat permintaan sertifikasi halal. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam regresi model I semua variabel dalam penelitian berpengaruh positif sigmifikan terhadap kesediaan untuk membayar produk Japanese Food. Hasil analisis regresi Model II menunjukkan bahwa kesediaan untuk membayar berpengaruh positif signifikan terhadap tingkat permintaan sertifikasi halal pada produk makanan.
Keywords : | Japanese Food, Willingness to Pay, Halal Certification, Halal Food Industri, Multiple Linear Regression., Makanan Jepang, Kesediaan Membayar, Sertifikat Halal, Industri Makanan Halal, Regresi Linear Berganda. |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Ekonomi Islam |
Depositing User: | Arief Eryka Zendy |
Date Deposited: | 17 Jul 2020 07:53 |
Last Modified: | 17 Jul 2020 07:53 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/5980 |